Sempat Vakum 2 Tahun, Angsana Fishimg Tournament kembali Digeber

Turnamen lomba mancing di laut pesisir Pantai Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu 2022 di ikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Kalimantan.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Kejuaraan memancing ikan di laut bertajuk Angsana Fishing Tournament kembali dihelat, setelah sempat vakum 2 tahun akibat pandemi.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 240 peserta yang terdiri dari 48 tim pancing dari berbagai daerah di Kalimantan ikut ambil bagian lomba selama 2 hari tersebut. Yakni 28 dan 29 Mei 2022 di kawasan Pantai Angsana,Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu.

Peserta Angsana Fishing Tournament (AFT) yang digelar untuk keempat kalinya tersebut dilepas Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, Hamaludin Tahir.

Turut mendampingi Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, Kepala Desa Angsana Sayed Sultan Hasan, unsur Muspika Kecamatan Angsana serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Angsana.

“Kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Tanah Bumbu ke-19 tahun ini,” ungkap Kadisporpar Tanah Bumbu, Hamaludin Tahir.

Hamaludin Taher mengatakan, lomba memancing merupakan olahraga yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mendapatkan ikan hasil pancingan namun juga menuntut sportifitas dari peserta.

”Lomba ini merupakan Event yang di tunggu-tunggu penghobi mancing yang sebelumnya mengalami penundaan selama 2 karena pandemi. Tujuan kegiatan ini bukanlah hadiah, tapi sportifitas tinggi yang akan melahirkan nilai nilai kejujuran, artinya sportifitas merupakan kata kunci juara sejati,” pesannya.

Ia melanjutkan, even ini juga diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mengeliatkan dan membangkitkan kembali pariwisata bahari di Kalimantan Selatan yang anjlok selama pandemi.

Besarnya animo peserta lomba mancing tahun ini yang tidak saja berasal dari Kalimantan Selatan namun juga dari luar. Tahun ini terjadi peningkatan baik dari jumlah peserta maupun hadiah serta doorprize yang disiapkan panitia.

”Untuk juara pertama disiapkan hadiah sebesar Rp 15 juta serta hadiah doorprize 1 unit sepeda motor,” ucap Roni, panitia pelaksana.

Kepala Desa Angsana Sayed Sultan Hasan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu atas upaya yang getol mendorong dan mendukung kegiatan ini.

“Saya berharap para peserta selalu utamakan keselamatan walaupun saya yakin semua peserta sudah ahlinya mancing di laut,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Yulian Herawati menjelaskan, even bertujuan untuk menarik para wisata, tak kalah pentingnya sambil sosialisasi cara penangkapankan ikan dengan benar.

“Serta menjaga dan memelihara terumbu karang agar tetap baik, serta memberi dampak positif peningkatan ekonomi bagi para pedagang yang berada di sekitar patai,” pungkasnya.

Beberapa jenis ikan yang menjadi penilaian panitia seperti giant travelly, tenggiri, talang- talang, kakap, kaneke, kerapu dan lamun lamun.

Angsana Fishing Tournament terbagi dalam beberapa kategori, yakni ikan terberat juara pertama Rp 15 juta, kedua Rp 12 juta dan juara tiga sebesar Rp 10 juta.

Panitia juga menyiapkan hadiah untuk Kategori Kapten terbaik, masing masing sebesar Rp 1.000.000, Kapten terbaik kedua Rp 500.000 dan Kapten terbaik ketiga sebesar Rp 250.000 serta door prize satu unit sepeda motor. [alh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *