Pantai Batu Buaya, Wisata Baru Mirip Bali di Satui

Tanah Bumbu, lenterabanua.com
Kabupaten Tanah Bumbu dikenal memiliki banyak destinasi wisata pantai. Satu diantaranya yang belum banyak dikenal masyarakat luas, Pantai Batu Buaya di desa Sungai Cuka, kecamatan Satui. Menariknya, pantai dengan pemandangan indah ini dibalut suasana adat istiadat khas Pulau Dewata Bali.

Pantai Batu Buaya Sungai Cuka berjarak sekitar KM dari Kota Banjarmasin dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih tiga jam menggunakan kendaraan bermotor.

Bacaan Lainnya

Pantai ini cukup indah dengan hamparan pasir putih keabu-abuan, garis pantai cukup panjang dan pantai yang landai. Nyaris setiap akhir pekan dan liburan kawasan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satu daya tarik dari pantai Batu Buaya adalah adanya gugusan karang yang luas dan membentang hingga lebih dari satu kilometer ditengah laut. Saat air laut surut gugusan terumbu karang muncul seperti gosong sehingga oleh warga disebut Batu Buaya.

Menariknya lagi, pantai dengan pemandangan indah ini dibalut suasana adat istiadat khas pulau dewata Bali. Karena di wilayah ini ada permukiman masyarakat transmigran asal Bali yang sudah menetap puluhan tahun. Kini masih tetap menjaga serta melestarikan adat dan budaya mereka.

Hadirnya sebuah resort sederhana dengan tampilan dan ornamen berciri khas Bali dibibir pantai semakin menegaskan jika kawasan pantai ini bernuansa Bali.

Keunikan lainnya, tumpukan ban bekas raksasa dari truk jenis hd disejumlah titik pantai. Ban ini untuk menahan kawasan pantai yang cukup rawan abrasi. Namun kehadirannya justru menambah kesan unik sehingga menjadi satu spot foto menarik bagi pengunjung dan sebagai pembeda dengan pantai lainnya.

Selain itu untuk menambah magnet wisatawan, beragam fasilitas penunjang turut dibangun. Dari gazebo tempat istirahat, spot-spot foto menarik seperti menara pantau yang dibangun menjorok kelaut, hingga sarana lainnya juga lengkap.

Keindahan alamnya pun dikagumi wisatawan. Seperti Anto (25) pengunjung asal Batulicin, Tanah Bumbu ini. Bersama keluarga besarnya sengaja melancong ke pantai ini untuk berlibur.

“Baru pertama kali kesini, ternyata pantainya bagus dan bersih. Semoga terus dijaga dan dilestarikan,” ucapnya usai bermain air bersama putranya.

Anto mengetahui destinasi wisata ini dari informasi teman-temannya yang merekomendasikan untuk berkunjung.

“Saya harap pariwisata kabupaten Tanah Bumbu maju, dan pantai ini akan menjadi populer,” tandasnya.

Sementara Norhasanah (35), bersama putranya Nazharie (10), wisatawan asal Kota Banjarmasin mengaku baru mengetahui jika Tanah Bumbu memiliki destinasi wisata menarik seperti Pantai Batu Buaya ini.

“Meski sering bolak-balik Batulicin – Banjarmasin, kok baru dengar ada pantai Batu Buaya. Eh ternyata tempatnya bagus. Nanti mau kesini lagi ngajak keluarga lainnya,” ucap Norhasanah.

Ia mengaku, selain indah alamnya, nuansa Bali yang membalut wisata ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga ia mendorong Pemda setempat agar tetap melestarikan adat istiadat di lokasi pantai.

“Kalo bisa ditambah lagi suasana adat Bali, tapi tetap dikombinasikan dengan budaya lokal agar lebih menarik,” harapnya.

Sementara Nazharie mengaku senang dan merasa nyaman bermain air di pantai Batu Buaya.

Nah, bagi anda yang sedang bepergian atau berada di kabupaten Tanah Bumbu, jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. Selain menawarkan keindahan alam, biaya rekreasinya juga terjangkau.

Untuk bisa menikmatinya cukup merogoh kantong Rp 15 ribu bagi pengunjung menggunakan mobil, dan Rp 10 ribu untuk pengendara sepeda motor, sudah termasuk ongkos parkir. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *