Bupati Jawab Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tanah Bumbu Terkait APBD-P 2021

Tanah Bumbu, lenterbanua.com – DPRD Tanah Bumbu gelar rapat paripurna dengan agenda Jawaban Bupati Terhadap Pemandangan Umum Fraksi Tentang Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021, Senin (23/8/2021).

Paripurna yang digelar secara virtual itu dihadiri Sekretaris Daerah, H Ambo Sakka bersama jajaran Pemkab melalui Digital Live Room Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin.

Bacaan Lainnya

Ambo Sakka membacakan sambutan Bupati dr Zairullah Azhar, menyampaikan apresiasi kepada DPRD, terutama unsur pimpinan fraksi-fraksi atas saran dan masukan, serta kerja kerasnya terhadap Raperda APBD Perubahan 2021.

Diantaranya terkait respon positif salah satu Fraksi, atas pembangunan di Tanah Bumbu. Meski Fraksi ini memandang perlu adanya perhatian mendasar, dari pemerintah perbaikan sarana dan prasarana irigasi.

Pemkab memberikan tanggapan atas respon itu. Yakni menyebutkan dalam Raperda APBD Perubahan 2021, pemkab telah mengalokasikan kegiatan pembangunan jalan usaha tani, irigasi persawahan dan lainnya.

Sementara Fraksi lainnya meminta pemda memperhatikan hasil dari musrenbang, agar menjadi prioritas dalam bentuk skala pembangunan. Dan di ingatkan tidak memprioritaskan di luar musrenbang.

Kemudian terkait pokok-pokok pikiran DPRD, melalui reses anggota DPRD tak luput menjadi perhatian dalam pembangunan daerah.

Disebutkan pula, pemkab sepakat dan setuju atas saran tersebut. Pemkab butuh dukungan dari DPRD, untuk turut mengawal dan mengawasi proses perencanaan dan penganggaran daerah.

Dalam rapat itu juga terungkap, pertanyaan fraksi, terkait faktor lain yang menjadi kendala, dalam realisasi anggaran. Yakni masalah defisit yang dialami, dan solusi konkrit yang disiapkan.

Pemkab memaparkan, RAPBD Anggaran 2021 defisit anggaran ditutupi dari penerimaan pembiayaan, yaitu SILPA anggaran tahun sebelumnya.

Untuk realisasi anggaran Tanah Bumbu dari laporan yang diminta Kemendagri masuk kategori lancar. Artinya diatas rata-rata kabupaten di Kalimantan Selatan.

Sementa untuk strategi dalam realisasi anggaran, yaitu lebih selektif pada skala prioritas.

Diakhir jawaban, pemkab berharap melalui upaya, kerja keras serta sinergitas yang terus dibangun bersama, mampu membangun daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *