Bukan “Sampah Masyarakat”, WBP Buktikan Baktinya Bagi Lingkungan

Sejumlah WBP Lapas Batulicin melaksanakan giat kerja bakti di Kantor Desa Saring Sei Bubu. Dari pembersihan lingkungan hingga pengecatan kantor.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Selama ini banyak stigma jika Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) hanya sampah masyarakat. Karena dinilai tak berguna dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Namun pandangan kerdil itu hanya dianggap pikiran segelintir orang saja. Karena mereka tak mengetahui secara dekat seperti apa pembinaan yang dilakukan pemerintah selama ini. Bukti nyata banyak karya berguna dan dibutuhkan masyarakat terlahir dari tangan kreatif mereka.

Kemudian dari sisi kemanusiaan dan tabiat, WBP juga ternyata tidak lebih buruk dari mereka yang berada diluar penjara. Bahkan ada sebaliknya ada yang lebih parah dari kelakuan penghuni lapas. Nyaris semua warga binaan sudah mendapatkan bekal hidup yang lebih baik menjelang bebas.

Seperti 10 WBP Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kotabaru yang dipindahkan ke Lapas Kelas III Batulicin, sabtu (2/4/2022) pagi. Ternyata kehadiran mereka memberikan manfaat dan sisi positif bagi masyarakat.

Semua WBP yang dipindahkan merupakan masyarakat Bumi Bersujud berdomisili di Kabupetan Tanah Bumbu yang sudah hampir mendekati masa bebas. Yakni 4 narapidana masuk minimum security diajak keluar Lapas ikut bhakti sosial di kantor Desa Saring Sei Bubu, Kecamatan Kusan Tengah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *