Tim Assessment Pembangunan Bendungan Kusan Sampaikan Ini

  • Bagikan

Tanah Bumbu, lenterabanua.comTim Assessment Pembangunan Bendungan Kusan Sampaikan Ini

PEMERINTAH Kabupaten Tanah Bumbu menerima kedatangan Tim Assessment dalam rangka penilaian rencana pembangunan Bendungan Kusan.

Sidak penilaian lapangan hingga Assessment dilakukan, Pemkab Tanbu juga menyediakan diskusi antar pihak terkait untuk keperluan penilaian.

Turut dilibatkan Tim Internasional Assessment 3 orang untuk melakukan penilaian tersebut. Yakni Joerg Hartman, Alain Kilajian, Amina Kadyrzhanova. Ketiganya dari Internasional Hydropower Sustainability Standart.

Koordinator Pendayagunaan Sumber Air, Irigasi dan Rawa dari Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PPN/Bappenas, Ir Juari menyampaikan, tim datang guna melakukan penilaian terhadap rencana pembangunan Bendungan Kusan dengan Internasional Standar (Hydropower Sustainability Standard).

Dikatakannya, Pemerintah Indonesia sedang dalam kondisi anggaran yang menyurut, sehingga perlu mencari peluang dengan rencana mendatangkan pihak investor, bahwa nantinya rencana pembangunan Bendungan Kusan secara kancah internasional mampu diterima dan layak memperoleh pendanaan internasional.

“Kondisi keuangan negara kedepan masih berat karena faktor-faktor tertentu. Meskipun rencana usulan Bendungan Kusan ini sudah dibahas namun Pemerintah Indonesia berinisiatif mengambil kebijakan stategis, dalam hal ini untuk bekerjasama dengan melibatkan International Hydropower Association (IHA),” katanya.

Ada sekitar 12 aspek dan secara teknis menjadi acuan Assessment, diantaranya penilaian aspek ekonomi, aspek sosial (terkait pemindahan penduduk kawasan terdampak pembangunan Bendungan Kusan) hingga aspek lingkungan.

“Kami merespon pada kesejarahannya, ternyata sudah pernah disebutkan dalam perencanaan tentang pembangunan Bendungan Kusan pada masa awal Gubernur Kalimantan Selatan pertama, yaitu dulunya beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri PUPR,” lanjutnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *