Menyimpan Pesona, Danau Mini Bungkukan Diusulkan Jadi Wisata

Kotabaru, lenterabanua.com – Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dikenal memiliki ragam destinasi wisata yang terpendam. Sangat potensial juka dikembangkan dan dikelola, sehingga mampu memikat wisatawan untuk berkunjung.

Salah satunya potensi gugusan Sungai Lintingan, berupa danau mini yang memiliki khas tersendiri. Selain jernih, air yang sejuk dijamin menjadi daya tarik traveller untuk betah menikmati destinasi ini.

Bacaan Lainnya

Danau mini ini terletak di Desa Siayuh, Jalan Propinsi Bungkukan KM 365, atau sekitar 50 meter berada dibelakang Asrama Polsek Kelumpang Barat, Kotabaru.

Ditempat Ini, menyajikan alam yang sungguh asri, belum terjamah alih fungsi dan kejahilan manusia. Bahkan tak banyak masyarakat mengetahui ada potensi wisata yang begitu mempesona, termasuk warga sekitar.

Sungai Lintingan ini berpotensi menjadi destinasi wisata jika dikelola dan dikembangkan secara profesional. Bagi mereka yang suka dengan pemandangan alam, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Selain sejuk sungai ini kelilingi pepohonan yang rimbun dan diapit dua buah bukit bebatuan. Jika traveler menyapa objek ini, dijamin rasa penat akan hilang seketika saat menyaksikan pemandangan indah wajah hutan dan sungai yang disajikan.

Andre misalnya, Anggota Polsek Kelumpang Barat kerap mendatangi danau ini dalam 10 tahun terakhir ini.

“Sedari pertama datang kesini, sangat takjub melihat ada sungai yang sangat eksotis serta airnya jernih dan berwarna hijau kebiruan,” ungkapnya.

Begitupun Yandi, rekan Andre sesama Anggota Polsek Kelumpang Barat, mengaku sering mandi disungai ini ketika merasa gerah dan lelah. Diakuinya, ketika berendam di Sungai Lintingan ini airnya sangat terasa dingin dan segar.

“Wah. Pokoknya luar biasa. Sungai ini sangat eksotis dan alami. Pertama sampai disuguhi pemandangan semacam pepohonan hutan serta juntaian batu kapur yang meneteskan air,” ucapnya penuh takjub.

selain tempatnya sangat asri dan sejuk yang dikelilingi hutan ini sangat memanjakan mata dan refreshing dikala membuang kejenuhan.

“Dibawahnya ada hamparan danau yang airnya mengalir dari salah satu gua batu kapur. Airnya berwarna kebiruan. Intinya, lelah saya hilang setelah mandi di danau itu,” lanjutnya memuji keindahan lokasi ini.

Mereka berharap tempat ini bisa dijadikan objek wisata.

Terpisah Ketua DPRD Kotabaru Sairi Muklis dan Wakapolres Kotabaru Kompol Yulianor Abdi pun penasaran menyambangi tempat ini. Kedua tertarik mencoba ‘blusukan’ setelah mendapat kabar. Kebetulan keduanya sedang berkunjung ke Polsek Kelumpang Barat.

“Saya kagum dengan pemandangan yang disajikan Sungai Lintingan ini. Sungguh mempesona dan indah karena masih sangat asri dikelilingi pepohonan,” kata Sairi Muklis, belum lama tadi.

Ia menyebutkan, Sungai lintingan ini jika dikelola dengan baik dan dilengkap tempat bersantai untuk menghilangkan kejenuhan sangat berpotensi menjadi tempat wisata.

“Kendalanya masih ada kurang lebih 50 meter dari belakang Asrama Polsek menuju ke sungai ini masih jalan setapak,” bebernya.

Ia berharap nanti agar dapati segera diusulkan ke Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk pelebaran jalan akses menuju sungai.

“Bisa pemasangan paving blok agar memudahkan warga yang ingin berwisata,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *