Dilantik, Paman Birin-Muhidin, Fokus Penanggulangan Covid-19

Jakarta, lenterabanua.com – Usai resmi dilantik
Presiden RI Joko Widodo, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terplih H Sahbihin Noor dan H Muhidin, siap bergerak. Diantaranya yang menjadi prioritas menanggulangi Covid-19 dan memulihkan prekonomian rakyat.

“Kami bakal bahu membahu dan bersinergi bersama segenap Kepala SKPD serta para kepala daerah kabupaten/kota melanjutkan pembangunan Kalsel 2021-2024,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, didampingi sang wakil, H Muhidin.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan fokus utama pihaknya mempercepat penaggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi rakyat,” tekan Paman Birin.

“Maka dari itu dalam penyusunan program pembangunan ke depan, lebih mengutamakan sektor yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat seperti sektor pertanian, perkebunan, infrastruktur, peningkatan UMKM dan lainnya,” sambungnya.

Dijelaskannya, pertimbangan utama pihaknya memprioritaskan soal pandemi Covid-19, dilatari angka kasus yang masih cukup tinggi.

Saat diminta tanggapan terkait Visi Kalsel Maju, Ia menjelaskan Kalsel Maju bermakna, Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan.

Selain penanggulangan Covid-19, target sasaran pembangunan lain adalah menjadikan Kalsel sebagai wilayah strategis dengan ditetapkannya ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Sebagai gerbang ibu kota negara, Kalsel akan menerima dampak signifikan terhadap pembangunan berbagai sektor dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara misi Sahbirin – Muhidin, pertama adalah meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM).

Kedua, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata. Misi ketiga memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian. Misi keempat, melaksanakan tata kelola pemerintahan yang fokus pelayanan publik.

Serta Misi Kelima  Memperkuat Ketahanan lingkungan dan bencana.

Sahbirin Noor – Muhidin juga merencanakan pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru mendukung IKN.

Meningkatkan konektivitas kawasan pertumbuhan perekonomian, pemenuhan sarana prasarana pendukung perekonomian, serta penyediaan sumber energi terbarukan.

Sementara pelantikan berlangsung di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/8/2021) siang, dan berlangsung penuh khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Turut hadir, Menkopolhukam, Mendagri dan Sekretaris Kabinet. Kemudian pihak keluarga Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dan Hj Fathul Jannah Muhidin. Juga tampak Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar menjadi tamu undangan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *