Kapolda Kalsel: PP Polri Menjadi Jembatan Sosial Polri

Banjarmasin, lenterabanua.com – Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs Rikwanto, SH, MHum menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-V Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) 2021.

Kegiatan berlangsung di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Senin (15/11/2021). Musda itu turut hadir Karo SDM Polda Kalsel, Direktur Intelkam Polda Kalsel, Direktur Binmas Polda Kalsel, dan Kabid Berantas BNNP Kalsel.

Bacaan Lainnya

Selain itu tampak Ketua Umum PP Polri diwakili Irjen Pol (Purn) Drs Bigman Lumban Tobing, Ketua PP Polri Daerah Kalsel KBP (Purn) HM Danche R Arsa. dan Anggota PP Polri Daerah Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum mengapresiasi seluruh Purnawirawan sesepuh Polri atas dedikasi dan perhatian yang diberikan kepada Polda Kalimantan Selatan.

“Kehadirannya serta memberikan kontribusi aktif sebagai senior dan pendahulu Polri untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja,” ungkapnya.

Dia mengatakan organisasi PP Polri menjadi wadah pemersatu dan pendukung aspirasi para anggotanya dalam satu ikatan.

“Keberadaan PP Polri di semua tingkatan organisasi, mampu tampil sebagai jembatan sosial, roda penggerak dan pendorong masyarakat, sehingga dapat memberikan sumbangsih yang nyata dan positif bagi keberlangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Kapolda.

Menurutnya, melalui Musda V PP Polri Daerah Kalsel tahun 2021, Keluarga Besar Purnawirawan Polri berkomitmen dan konsisten mewujudkan kesejahteraan anggotanya serta menjaga tetap tegaknya Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang sejalan dengan cita-cita luhur PP Polri.

Selain itu, Kapolda juga mengungkapkan bahwa PP Polri sebagai organisasi resmi wadah Purnawirawan tidak terlepas dari perjalanan sejarah organisasi, PP Polri telah menjadi sebuah potensi kekuatan yang dapat membantu dan mendukung program Pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

“Hal ini menunjukkan kepada publik bahwa Purnawirawan Polri masih dapat memberikan kontribusi positif dan aktifnya untuk memajukan organisasi Polri khususnya di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda Bangsa dan Negara saat ini,” jelas Kapolda.

Dia juga menambahkan, Polri beserta TNI saat ini menjadi ujung tombak dalam penanganan Covid-19 untuk itu peran Purnawirawan Polri sangat dibutuhkan menjadi jembatan antara Polri dan masyarakat dalam menciptakan dan menjaga Kamtibmas.

“Dalam situasi yang sulit ditengah Pandemi saat ini kehadiran dan keterlibatan jajaran Polri dan TNI sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” urainya.

Sehingga, mulai dari tingkat Polda, Polres dan Polsek sampai dengan Bhabinkamtibmas yang ada di Desa-desa, diminta ikut aktif mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Serta aktif dalam mengawal kelancaran penyaluran bantuan sosial mendukung Pemerintah dalam mencapai Herd Immunity (kekebalan kelompok) melalui program vaksinasi.

“Saya berharap melalui Musda V ini dapat memperoleh masukan yang konstruktif untuk kemajuan Polri khususnya Polda Kalimantan Selatan dalam memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat,” pungkasnya. *ril

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *