Bupati Tanah Bumbu Tinjau Banjir di Kusan Hulu

Tanah Bumbu, lenterabanua.com -Bupati Tanah Bumbu, Kalsel, dr Zairullah Azhar meninjau sejumlah desa di Kecamatan Kusan Hulu yang direndam banjir, Jumat (27/8/2021). Ratusan rumah warga di lokasi ini direndam air luapan sungai Kusan dalam beberapa hari belakangan.

Desa terdampak banjir yang dikunjungi Zairullah didampingi Sekdakab Ambo Sakka bersama sejumlah Kepala SKPD diantaranya, Bakarangan, Lasung, Sungai Rukam, Anjir Baru, Pacakan, Binawara dan Manuntung

Bacaan Lainnya

Di lokasi ini bupati tak sekedar meninjau, juga memberikan motivasi kepada warga terdampak.

Rumah warga dibantaran Sungai Kusan terendam banjir.

“Pertama kita memberikan motivasi kepada masyarakat supaya sabar. Kita sudah bicara Camat, Danramil, Kapolsek, Kades dan tokoh masyarakat untuk menuntaskan terkait bencana ini,” ucap bupati terkait aksinya terjun ke tengah banjir.

Saat berdialog, Zairullah menyampaikan solusi terhadap permukiman masyarakat yang kerap direndam banjir.

“Yang direlokasi ada, dan yang rumahnya diangkat juga ada. Insyaallah 2022 kita anggarkan,” terangnya.

Bupati dr Zairullah Azhar didampingi Sekda Ambo Sakka melakukan peninjauan ke rumah warga yang terendam.

Karena, menurutnya, ini adalah hal sangat mendesak. Dan ini dimasukkan dalam kategori bencana yang harus dituntaskan.

“Karena kita sangat prihatin menyaksikan kondisi masyarakat. Mereka tak bisa memasak, pada basah ya. Kemudian mana mungkin melakukan kegiatan lainnya,” sambungnya.

Bahkan, tambahnya, dengan terhalang situasi ini mereka juga kesulitan melakukan aktivitas ekonomi. Karena lokasi yang menjadi permukiman masyarakat sekaligus sebagai tempat mencari nafkah dibantaran sungai.

Rumah-rumah warga yang terendam banjir.

“Sebab itu salah satu solusi terbaik, mengangkat rumahnya,” tegasnya.

Ia meminta, kepada Camat, Danramil, Kapolsek, Kades membahasnya bersama menentukan berapa biaya setiap satu rumah.

“Nanti Senin depan kita bahas bersama,” pungkasnya seraya mengatakan program ini berlaku untuk semua kawasan permukiman yang kerap dilanda banjir.

Bupati Zairullah Azhar menyapa warga terdampak banjir.

Sementara dalam kunjungannya bupati juga menyerahkan bantuan berupa bahan makanan, obat-obatan dan selimut bagi warga terdampak banjir.

Banjir di sejumlah desa di Kecamatan Kusan Hulu sendiri terjadi sejak sepekan terakhir, akibat tingginya intensitas hujan sehingga Sungai Kusan meluap.

Ratusan rumah warga terendam dengan terparah ketinggian satu meter lebih. Warga terdampak mencapai 185 KK atau 503 jiwa. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *