Bang Dhin, Tukang Ojek Pengkolan Yang Sukses Jadi Politikus di DPRD Kalsel

Banjarmasin, LENTERABANUA.COM – Tak ada kata menyerah, saat gagal terus berusaha hingga meraih kesuksesan. Prinsip itu lah yang menjadi motivasi Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin atau yang akrab disapa Bang Dhin.

Namun, kesuksesan Bang Dhin melenggang sebagai penghuni rumah wakil rakyat DPRD Kalimantan Selatan, terlebih dulu melalui proses panjang dan perjuangan gigih yang berbuah manis yaitu kesuksesan.

Bahkan, diceritakan dia, menjalani proses tersebut dari tingkat paling bawah. Pernah menjadi tukang ojek pengkolan berpenghasilan pas-pasan di daerah kelahiran Kabupaten Tanah Bumbu.

“Hidup masih belum ada pegangan, hingga akhirnya dia menjadi tukang ojek pengkolan. Sepeda motor tidak punya, terpaksa menyewa sepeda motor untuk ngojek, dengan setoran sepuluh ribu rupiah setiap hari,” cerita dia di kantor DPRD Kalimantan Selatan, Rabu (23/12/2020).

Diingat dia, mulai menjalani profesi sebagai tukang ojek pengkolan di Kecamatan Simpang Empat  tahun 2003, setelah sebelumnya memutuskan kembali ke kampung halaman pasca menempuh pendidikan di Kota Surabaya Jawa Timur.

“Selama setahun menjadi tukang ojek, hasilnya bias mengumpulkan uang untuk modal usaha. Dengan modal satu unit perangkat komputer, ditambah ilmu yang saya dapat saat di Surabaya, buka usaha jasa pengetikan hingga lembaga pendidikan kursus computer,” ingat politikus asal partai PDI Perjuangan ini.

Dari usaha tersebut, sambung dia, ekonomi muai meningkat, karena saat ini jasa pengetikan dan pelatihan mengoperasikan computer sangat jarang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

”Saya mulai mendapatkan penghasilan hingga akhirnya bisa menambah beberapa unit komputer,” kata anggota DPRD Tanah Bumbu periode 2014-2019 ini.

Lebih lagi, ketika usaha mulai stabil, dipertemukan dengan seorang tokoh politik setempat, Supiansyah yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu pada 2006 lalu. Beberapa kali berkomunikasi, akhirnya diajak untuk merambah masuk kancah politik di daerah setempat.

“Tahun 2014, saya putuskan untuk mencalon sebagai anggota DPRD Tanbu. Alhamdulillah saat itu menjadi tahun keberuntungan untuk mengawali kesuksesan di politik dengan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu,” beber dia.

Niat ingin meningkat, di Pileg 2019 Bang Dhin memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan berkompetisi ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan meraih banyak suara masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru hingga cukup mengantarkannya duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kalsel.

”Alhamdulillah, ini adalah rasa syukur yang amat besar. Kesuksesan itu harus dikejar dan pantang menyerah. Dan motivasi saya untuk berusaha dan berusaha meraih kesuksesan itu,” tutup dia..

Penulis :  Alhakim Banjar dan berbagai sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *