Apel Gabungan Pasukan Pengamanan Presiden, 2.000 Personil Dikerahkan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Hampir dipastikan Presiden RI Ir H Joko Widodo akan mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (21/10/2021) lusa. Tujuannya meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Argo Raya (JAR) di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat.

Untuk mengamankan kedatangan Kepala Negara ini, Pemerintah Kabupaten bersama Kodim 1022/TNB, Polres Tanah Bumbu dan pihak terkait lainnya, menggelar apel gabungan pasukan di Perkantoran Bupati di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Selasa (19/10/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam apel ini, dilibatkan pasukan dari TNI AD, TNI AL, Polri, Satuan Pamong Praja dan Damkar serta Dinas Perhubungan hingga Aparatur Sipil Negara Kabupaten Tanah Bumbu.

Upacara ini dikomando Dandim 1022/TNB Letnan Kolonel Cpn Rahmad Trianto. Sementara bertindak selaku komandan upacara Kapten Inf Abdul Hadi.

Dalam amanatnya, Dandim menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu harus bangga karena mendapat kepercayaan dikunjungi Presiden RI, sehingga kegiatan ini jangan jadikan beban.

Selain itu tak hanya kunjungan peresmian di perusahaan, namun dalam pengamanan ini dimaknai dengan pelaksanaan tugas dengan rasa tanggung jawab.

“Sekecil apapun dan selengah apapun adalah suatu musuh bagi kita semua. Sehingga saya berharap, siapapun harus berperan aktif dan memiliki andil dalam pengamanan kunjungan presiden ini,” ujarnya disaksikan Sekretaris Daerah DR Ambo Sakka dan Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih.

Dijelaskannya, walau kegiatan ini tidak lama, tetapi menjadi cerminan selaku aparatur negara yang ada disini. Ia berharap semua pihak yang terlibat agar turut mendukung kelancaran kegiatan ini dengan rasa bertanggung jawab.

“Apapun yang ditemukan dan mencurigakan segera dilaporkan. Berlakulah tegas sesuai porsi di lapangan baik di ring 1, ring 2 atau ring 3,” tegasnya.

Ia mengingatkan, siapapun dilakukan pemeriksaan dengan tegas, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi. Jadi seluruh tamu yang membawa undangan harus dengan syarat yang sudah diatur.

“Kita masih dalam level 2 sehingga saya menekankan disini, apabila sesuai aturan dalam undangan terdapat adanya ketentuan harus membawa hasil swab PCR. Ketentuan itu harus dilaksanakan tanpa pandang bulu,” tandasnya.

Kepada awak media, Letkol Cpn Rahmat Trianto menjelaskan, kesiapan pasukan pengamanan sudah maksimal, tinggal finalisasi saja lagi. Setidaknya, 2.000 pasukan gabungan diterjunkan untuk mengawal dan mengamankan kunjungan RI 1.

“Termasuk back up dari Batalyon 625 dan personil Satuan Brimob,” pungkasnya.

Kemudian usai apel pasukan gabungan, Dandim, Kapolres, Sekda dan sejumlah Kepala SKPD Pemkab Tanah Bumbu melakukan peninjauan ke lokasi pabrik yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Terpantau di lapangan, persiapan seluruhnya sudah tampak tertata di lokasi kegiatan. Bahkan helipad berkapasitas 3 helikopter sudah rampung dan siap digunakan. Sementara sejumlah pekerja terlihat membenahi dan melakukan pekerjaan finishing. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *