Warga Hindu Bali Tanbu Rayakan Melasti, Wabup: Tetap Jaga Toleransi

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Umat Hindu di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kalsel umumnya gelar prosesi keagamaan Melasti, Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun 2022.

Kegiatan Melasti di Pantai Madhani Desa Sungai Loban, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (28/2/2022).

Bacaan Lainnya

Tak seperti sebelum masa pandemi Covid-19 yang disaksikan ribuan masyarakat, upacara Melasti di Pantai Madani, Sungai Loban kali ini hanya dihadiri ratusan orang karena dibatasi. Kemudian kegiatan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Tampak hadir Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli, Anggota DPRD Kabupaten H Jumran, I Nyoman Sudarma, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata Hamaluddin Tahir, Camat Sungai Loban Rusdiansyah, serta para Pemangku Adat Umat Hindu Se-Kalsel dan perwakilan masyarakat Hindu.

Dikutip dari berbagai sumber, Melasti merupakan upacara penyucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu Bali. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

Proses penyucian ini menggunakan media tirta amerta yakni sumber mata air atau dimaknai sebagai air kehidupan.

Foto : Google

Menurut Wabup Muhammad Rusli, kehadiran upacara ini memiliki nilai positif bagi penganut dari aspek keagamaan karena sarat dengan makna. Adat istiadat ini mengandung nilai dan norma yang selalu dijunjung umat Hindu Bali.

Sementara dari sisi dunia pariwisata, even ini juga sangat bagus. Kegiatan ini akan mampu menjadi magnet dan daya tarik pelancong dan wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Bumbu.

Muhammad Rusli mengaku kagum atas kekayaan budaya dan ragam agama yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Meski berbeda, masyarakat Bumi Bersujud sangat toleran.

“Satu sama lain saling menghormati dan menghargai. Sikap toleran ini harus kita jaga dan pertahankan,” pinta Wabup, didampingi Staf Khusus Ustadz Hamzah.

Suasana Melasti di Pantai Madani ini serasa di Pulau Bali. Karena nyaris semua properti dan kelengkapan upacara Melasti tak ada bedanya.

Event tahunan ini rutin dilaksanakan di Bumi Bersujud, karena telah masuk dalam program kegiatan kabupaten. Selain memaknai nilai -nilai keagamaan, kegiatan ini turut mengangkat objek wisata Pantai Madani dimata masyarakat luas

Selama prosesi berlangsung, ritual Melasti dikawal dan dijaga Jajaran Polsek Sungai Loban beserta Koramil Sungai Loban sembari monitoring penerapan protokol kesehatan menggandeng petugas Puskesmas Sebamban I. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *