Gelar Bimtek di Banjarmasin, Upaya DPMD Tanbu Minimalisir Penyalahgunaan Dana Desa

Banjarmasin, lenterabanua.com – Dalam rangka meminimalisir penyalahgunaan dana desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu, gelar Bimbingan teknis tata cara penyusunan laporan konsolidasi APBDesa bagi Kaur Keungan se Kabupaten.

Bimbingan teknis itu digelar selama 3 hari, sejak 25 hingga 27 Februari 2022 di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Bimtek tata cara penyusunan laporan Pengelolaan Konsolidasi APDesa ini dibuka Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir. Ia mewakili Bupati dr Zairullah Azhar menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya untuk meminimalisir permasalahan penggunaan dana desa.

“Jadi ini upaya meminimalisir permasalahan laporan Keuangan, dan ini penting untuk dilaksanakan dan dipahami oleh semua Kaur Keuangan yang ada di desa,” kata Samsir, Minggu (28/2/2022).

Penggunaan Keuangan desa, lanjutnya harus sesuai aturan yang berlaku, dan pihaknya ingin tatakelola penyusunan keuangan desa dapat dilaksanakan secara akuntable dan transparansi.

“Jangan sampai salah, makanya penting adanya pelatihan ini,” ujarnya.

Dihadirkan beberapa narasumber, diantaranya Kanit Tipikor Satreskrim Polres Tanah Bumbu, Ipda Anzhari Mattenete, STrK, dengan materi tindak pidana korupsi pada pengeloaan keuangan desa.

Kemudian kasi Datun Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu Hatma Aditya Jananaruraga, SH, MH, dengan materi penyampaian, penyalahgunaan keuangan desa.

Disusul Budimansyah, auditor madya inspektorat daerah kabupaten Tanah Bumbu, materi Tata cara pertanggungjawaban keuangan desa yang akuntabel.

Serta Perencana Muda Ditjen Bina Pemdesa, Sahrulyadi, SSTP, MAP dengan penyampaian materi tata cara penyusunan laporan konsolidasi APBDesa.

Diketahui, kegiatan ini digelar Lembaga Pusat Kajian Otonomi Daerah Jakarta gandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu.

Dihadiri sebanyak 133 kaur keuangan dan 12 pendamping kecamatan serta 6 pendamping kabupaten sebagai peserta. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *