Tekan Radikalisme, Yani Helmi Sosialisasikan Ideologi Pancasila di Kotabaru

  • Anggota DPRD Kalsel M Yani Helmi gelar Sosialisasikan Ideologi Pancasila di SMAN 1 Kelumpang Selatan, Kotabaru.

Kotabaru, lenterabanua.com – Guna meminimalisir radikalisme di Kabupaten Kotabaru, Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi gelar sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan di SMA Negeri 1 Kelumpang Selatan, Kamis (28/10/2021).

Muhammad Yani Helmi, mengungkapkan, meski perdana baginya, kegiatan tersebut sangat bagus dilaksanakan bahkan harus diterapkan sehari-hari sebagai landasan dalam mempertahankan idelogi sebagai warga negara yang baik.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini memperlihatkan bahwa betapa pentingnya kita sebagai warga negara yang baik harus bisa menjaga kesatuan bangsa,” tegas legislator yang akrab disapa Paman Yani ini.

Tentu, tuturnya, setidaknya seluruh unsur aparat, pemerintahan dan lapisan masyarakat mampu menjaga kesatuan ideologinya berlandaskan Pancasila.

“Saya berpesan agar kita semua tetap menjaga kewibawaan dalam berbangsa dan bernegara. Ini penting untuk ditanamkan sebagai anti radikalisme,” imbuhnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kelumpang Selatan, Muhsinin menyebutkan kalau sosialiasi pembinaan ideologi Pancasila dan pemberian materi terkait wawasan kebangsaan sangat baik ditanamkan secara lebih dalam.

Terlebih kepada kaum milenial sebagai dasar pendidikan dan acuan untuk penguatan idealis mencintai bangsa.

“Sangat bagus, apalagi dituangkan dalam mata pelajaran khusus selain PPKN agar kedepannya generasi muda mampu menanamkan cinta terhadap negara untuk terus bela negara,” ucapnya.

Sementara Kapolsek Kelumpang Selatan, Iptu Muhammad Harry Saputro, menyampaikan, seiring dengan adanya penyelenggaraan wawasan kebangsaan ini, setidaknya ideologi yang dimiliki masyarakat tidak melenceng atau bergeser.

“Seiring berjalan waktu, ideologi kita sempat bergeser. Kalau saya kasih gambaran yang terjadi di Kabupaten Kotabaru, tepatnya di Pulau Sebuku, sempat terdapat aliran sesat dan mengarah ke radikalisme,” ungkapnya.

Inspektur Polisi Satu itu memberikan materi Ideologi Pancasila kepada peserta didik, orang tua serta tokoh agama di Kecamatan Kelumpang Selatan, Rabu (27/10/2021).

Dia menghimbau kepada seluruh stakeholder pemerintahan dan seluruh lapisan masyarakat serta tokoh agama mampu memperkuat ideologinya supaya kedepan tidak mudah termakan atau terhasut radikalisme.

“Khususnya seluruh masyarakat dapat mensosialisasikan hal tersebut agar negara kita tercinta ini aman dan damai sentosa,” harapnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *