Serap Aspirasi, Bupati Rakor Bersama Kades se Kecamatan Mantewe

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Bupati Tanah Bumbu, dr Zairullah Azhar hadir dalam rapat koordinasi bersama 12 kepala desa di Kecamatan Mantewe untuk mendengarkan ‘keluh kesah’ para pembakal. Kegiatan berlangsung di kantor kecamatan setempat, Kamis (9/9/2021).

Dengan mengajak Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, DR Ambo Sakka, bersama belasan Kepala Dinas dan anggota Komite Percepatan Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu, Zairullah Azhar menyimak beragam aspirasi seluruh kepala desa.

Bacaan Lainnya

Rapat koordinasi bersama ini sengaja digelar untuk mengetahui secara langsung semua kendala yang dihadapi desa.

Dibawah koordinasi Camat Mantewe, Syafrudin, satu per satu kepala desa memaparkan biografi wilayahnya, kemudian potensi hingga permasalahan yang mengemuka.

Diantaranya terkait persoalan infrastruktur seperti perbaikan jalan dan jembatan rusak, serta sarana pengendali banjir.

Kemudian soal tapas batas, pendidikan, kemudian kesehatan tak luput dari laporan mereka. Dan tak kalah pentingnya seputar peningkatan ekonomi masyarakat, serta pengembangan destinasi wisata. Misalnya pengembangan objek wisata Goa Liang Bangkai.

Sementara Kades Maju Mulyo, Sunarno memgemukakan usulan mereka yang sudah lama diajukan bahkan sejak pemerintahan sebelumnya. Namun hingga kini belum juga mendapatkan respon positif.

“Desa mengusulkan, jika diperbolehkan setiap penjualan hasil kebun kelapa sawit masyarakat yang masuk ke pabrik, harus mendapatkan dokumen asal barang dari kantor desa,” ungkapnya.

Tujuannya selain agar kelapa sawit jelas asal usulnya, lanjutnya, bisa memberikan pendapatan desa.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Zairullah berjanji akan menindaklanjuti aspirasi kepala desa dengan melibatkan Tim Percepatan pembangunan bersama SKPD terkait untuk mendorong kemajuan desa.

“Seperti yang saya katakan tadi, setelah ini akan ada tim khusus yang tergabung dari para kepala dinas dan seluruh tim percepatan. Tim-tim kita lah secara serentak melaksanakan telaahan,” ucapnya, usai pertemuan.

Menurutnya, semua yang disampaikan kepala desa nyaris masuk dalam program prioritas. Namun akibat keterbatasan anggaran, harus diutamakan yang lebih prioritas.

“Nanti dibahas ladi di pertemuan khusus, agar prioritas ini ada yang lebih prioritas. Bertahap, disesuaikan dengan kemampuan kita,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada para kepala desa agar mampu melakukan perubahan besar di wilayahnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Camat Mantewe Syafrudin menyampaikan, mewakili masyarakat mengapresiasi kehadiran Bupati Tanah Bumbu beserta sejumlah jajarannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah DR Ambo Sakka, Ketua TP PKK Wahyu Windarti, sejumlah Kepala SKPD dan Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu.

Usai rakor bupati menyempatkan meresmikan 5 unit bangunan Rumah Tahfiz di daerah itu. Rakor serupa juga sebelumnya sudah dilaksanakan secara maraton nyaris disemua kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *