Sekolah Binaan Arutmin Satui-pama Aria Raih Adiwiyata Nasional

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – PT Pamapersada Nusantara Distrik Aria merupakan salah satu kontraktor tambang terbesar di Indonesia.

Korporasi ini juga merupakan member grup dari PT Astra International Tbk, ditopang 5 program pilar. Yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan sosial.

Bacaan Lainnya

Dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah pembinaan bagi sekolah wilayah ring 1 lingkar tambang. Bersinergi dengan PT Arutmin Indonesia, SMA Negeri 1 Satui merupakan sekolah binaan dengan konsep sekolah adiwiyata.

Adiwiyata secara internasional disebut pula dengan Green School, yakni program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Hasilnya sekolah ini memperoleh predikat sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional 2021.

Hasil buah sinergitas, di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Nasional & Mandiri tahun 2021 dilaksanakan secara online dihadiri Perwakilan Bupati Tanah Bumbu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu.

Selain itu perwakilan dari 3 SEKOLAH yang mewakili Tanah Bumbu mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Yaitu SMAN 1 Satui, SMAN 1 Simpang Empat, SMAN 1 Kusan Hilir. Turut pula dari PT Arutmin Indonesia Tambang Satui-PT Pamapersada Nusantara Distrik ARIA.

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Ibu Siti Nurbaya “Konsep Adiwiyata Untuk Menuju Sekolah Dengan Basis PBLHS (Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah).

Yaitu lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan institusi pendidikan kapanpun dan dimanapun, lingkungan sekolah yang bersih dan sehat juga mencerminkan keberadaan warga sekolah.

Diantaranya mulai dari siswa, guru, staf, karyawan, unsur pimpinan sekolah bahkan sampai orang tua siswa oleh karena tanggung jawab penciptaan lingkungan bersih dan sehat merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama.

SMAN 1 Satui merupakan salah satu sekolah di wilayah Ring I Lingkar Tambang PT Arutmin Indonesia yang telah dibina sejak tahun 2018 oleh PAMA Aria sedangkan bentuk pembinaan berupa hardware, brainware dan software serta pendampingan sekolah.

Mike Harlus Stanyah selaku HCGS Sect Head PT Pamapersada Nusantara Distrik Aria mengatakan, sesuai dengan komitmen CSR PAMA khususnya dalam bidang pendidikan yaitu ikut serta dalam pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

“Sebelumnya sekolah binaan kita yang ada di wilayah Kintap Kabupaten Tanah Laut yaitu SMAN 1 Kintap juga sudah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional pada tahun 2019 lalu,” ujarnya.

Dengan predikat ini harapannya dari pihak sekolah tidak cepat berpuas diri karena target kita bersama mitra kerja (Arutmin Tambang Satui) untuk sekolah SMAN 1 Satui bisa mencapai next goal.

“Yaitu Sekolah Adiwiyata Nasional Tingkat Mandiri kamipun dari pihak perusahaan siap full support untuk mencapai tujuan tersebut,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *