Sejumlah Jembatan Rusak, Penyebabnya Diklaim Akibat Hujan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Sejumlah jembatan di kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengalami kerusakan. Penyebabnya diklaim akibat tingginya intensitas curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir.

Dari data yang dihimpun Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kabupaten Tanah Bumbu, tercatat setidaknya ada 9 jembatan yang megalami kerusakan, baik mulai dari kategori sedang hingga berat.

Bacaan Lainnya

“Ada 9 jembatan yang terdata. 2 diantaranya yang berada diwilayah kecamatan Batulicin, yakni dijalan lingkar perkantoran Bupati dengan tingkat kerusakan sangat berat sehingga perlu dibuatkan jembatan baru,” kata Kepala Dinas PUPR Tanbu H Ansyari Firdaus, Kamis (4/2/2021).

Menurutnya, akibat kerusakan itu, tentunya membuat aktivitas lalu lintas baik kendaraan roda dua hingga roda empat menjadi terganggu.

“Yang 2 sangat parah, kontruksi lantai jembatan amblas sehingga perlu dibongkar total dan dibangun jembatan baru agar tidak mengganggu lalu lintas ditempat ini,” tambahnya.

Sedangkan 7 jembatan lainnya, 1 buah berada di kecamatan Karang Bintang, Kusan Hulu, dan Kuranji, serta 4 unit jembatan tersebar di Kecamatan Satui.

’’Untuk 7 jembatan ini hanya perbaikan ringan saja,” jelasnya.

Firdaus menyebutkan, terkait anggaran perbaikan ke 9 jembatan tersebut tentunya tidak bisa dilakukan secara bersamaan, karena kerusakan jembatan terjadi setelah angaran sudah disahkan dan dana pemeliharaan tersedia hanya Rp600 Juta.

“Jadi untuk sementara kita buatkan dulu perencanaanya, baru kita laporkan ke pak bupati. Selanjutnya bagaimana pola penganggaranya kita serahkan diatas, kami menunggu arahan Bupati saja,” pungkasnya.

Penulis Alhakim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *