Persiapan Lawatan RI 1, Forkopimda Tanah Bumbu Saling Dukung

  • Rakor persiapan kunjungan kerja Presiden di Kabupaten Tanah Bumbu. Dihadiri Bupati, Dandim, Kapolres, Kajari, Sekda, Perwakilan Lanal dan seluruh SKPD dilingkup Pemkab Tanah Bumbu.

Tanah Bumbu, lenterbanua.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo nyaris dipastikan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis 21 Oktober pekan depan. Di Bumi Bersujud presiden akan meresmikan pabrik biodiesel milik Jhonlin Grup.

Untuk mematangkan persiapan penyambutan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanah Bumbu menggelar rapat koordinasi (Rakor), diruang rapat Bupati Tanah Bumbu di kawasan Perkantoran Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Jumat (15/10/2021).

Bacaan Lainnya

Dihadiri Bupati Zairullah Azhar, Dandim 1022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto, Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih, Kajari Muhammad Hamdan, Sekda Ambo Sakka. Kemudian Perwakilan TNI AL dan sejumlah Kepala SKPD dilingkup Pemkab setempat.

Dalam rakor itu, Dandim Tanah Bumbu memaparkan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo di Bumi Bersujud. Ia mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan persiapan pengamanan RI 1 dengan menerjunkan sekitar 2 ribu prajurit TNI, diback up personil Polri.

“Seluruh personil akan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan dari ring 1, ring 2 hingga ring 3,” ungkap Dandim.

Tapi, tambahkan, jika butuh tambahan pasukan, ia akan meminta bantuan Polres dan Kodim terdekat seperti Kabupaten Kotabaru dan Tanah Laut.

“Kita akan koordinasikan dengan daerah terdekat. Pengamanan tidak hanya di darat, di laut pun sudah dipersiapkan kapal pengamanan melalui Lanal,” katanya.

Letkol Cpn Rahmat Trianto memaparkan, kehadiran RI 1 di Kalsel direncanakan melakukan 3 kegiatan. Yakni meresmikan pabrik biodiesel di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kemudian meresmikan Jembatan Sungai Alalak di Banjarmasin. Satu lagi memantau vaksinasi. Namun untuk lokasinya belum ditentukan,” terangnya.

Meski begitu, lanjutnya, ia meminta Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu agar lebih awal mengantisipasi segala kemungkinan untuk mempersiapkan kebutuhan untuk kegiatan vaksinasi.

“Kita antisipasi lebih awal, kalau-kalau Pak Presiden minta melakukan peninjauan vaksinasi di Tanah Bumbu,” ucapnya.

Selain itu, sambungnya, selain pengamanan, perlu juga dipersiapkan kemungkinan lainnya. Seperti akses jalur darat dari Bandara Bersujud menuju pabrik biodiesel.

“Karena ada opsi itu jika melalui udara terkendala cuaca. Kita butuh alternatif mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan,” tukasnya.

Terkait kondisi dan situasi keamanan, katanya lagi, saat ini Tanah Bumbu aman dan kondusif. Ia berharap, kondisi ini hingga kunjungan Presiden RI berlangsung.

“Kita mulai hari ini terus melakukan rapat koordinasi agar pelaksanaan kunjungan Presiden RI di Tanah Bumbu berjalan aman tentram dan terkendali,” pungkasnya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar siap mendukung penuh kegiatan kunjungan kerja Presiden sesuai dengan kewenangan dan kapasitas pemda.

“Kita akan siapkan konsumsi, perbaikan dan pembersihan jalan yang akan dilintasi, dan menyiapkan vaksinasi,” tuturnya.

Kemudian lagi, akan menggelontorkan anggaran untuk lainnya sesuai dengan kebutuhan.

“Kita akan siapkan anggaran. Nanti kami bahas secara internal besarannya,” lanjutnya.

Sedangkan institusi lainnya, seperti Polres Tanah Bumbu juga akan membackup kunjungan kerja Presiden selama melakukan kegiatan di kabupaten ini.

“Kami akan menerjunkan anggota separu dari kekuatan personil untuk membackup TNI. Jika kurang akan menambah dari Polres Kotabaru dan Tanah Laut serta Mako Brimob,” ujar Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih.

Demikian pula lembaga vertikal lainnya, yakni Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu dan Lanal Batulicin siap menyuport kegiatan ini.

Rencananya RI 1 akan meresmikan pabrik biodiesel milik Jhonlin Grup di Desa Sungai Dua, Kamis (21/10/2021) pekan depan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *