Pemkab dan Polres Tanbu Tanam Pohon Dukung Revolusi Hijau

Tanah Bumbu, lenterabanua.com -Sebanyak 225 pohon jenis durian, jengkol, kayu manis, petai dan langsat ditanam di hutan kota kawasan perkantoran bupati di kelurahan Gunung Tinggi, kecamatan Batulicin, kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (20/8/2021).

Aksi ini bagian dari upaya pelestarian lingkungan dan mendukung program revolusi hijau yang digaungkan pemerintah provinsi Kalsel. Gerakan penanaman pohon melibatkan Pemerintah Kabupaten dan Polres Tanah Bumbu.

Bacaan Lainnya

Penanaman dilakukan langsung Wakil Bupati Muhammad Rusli, didampingi Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih berama mitra kerja instansi vertikal dan kepala SKPD dilingkup pemkab Tanah Bumbu.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli, didampingi sejumlah Kepala SKPD saat tanam pohon.

Menurut Wakil Bupati Muhammad Rusli, penanaman ini serentak digelar di seluruh wilayah di Kalsel dalam rangka mendukung program revolusi hijau dan gerakan sejuta pohon.

“Kita sudah melaksanakan penanaman program sejuta pohon di kawasan perkantoran Gunung Tinggi. Tentunya ini bentuk kecintaan kita terhadap bumi,” ucapnya.

Ia berharap melalui gerakan ini menjadi upaya melestarikan lingkungan dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap alam.

“Gerakan ini harus dilanjutkan di lahan-lahan lain. Sehingga nantinya tak ada lagi lahan yang tandus,” sambungnya.

Jajaran Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu turut tanam pohon.

Dikatakannya, menanam pohon bertujuan untuk menahan serapan air, sehingga bisa menjadi penangkal bencana banjir.

“Jika terus menggalakkan program penghijauan secara konsisten, kedepan semua lingkungan di Tanah Bumbu mampu mengantisipasi banjir,” tandasnya.

Sementara Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih menyebutkan aksi ini bentuk sinergitas semua pihak, yakni Pemerintah Daerah, TNI/ Polri. Menurutnya gerakan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Himawan Sutanto Saragih juga melakukan penanaman pohon.

“Kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu wilayah Kalsel dilanda bencana banjir. Sehingga kegiatan penanaman ini bisa menjadi penangkal banjir,” kata Kapolres.

Yakni melalui aksi penanaman, ujarnya, bisa menjaga kelestarian alam. Tentunya nanti bisa mengantisipasi bencana dan menghindari banjir.

“Untuk situasi saat ini, kabupaten Tanah Bumbu relatif aman dari banjir,” tegasnya.

Aksi penanaman pohon di hutan kota kawasan perkantoran di Gunung Tinggi, Batulicin.

Namun, lanjutnya, tetap diantisipasi sejak dini. Yaitu melalui pelestarian alam yang harus terus dijaga.

Dalam aksi ini, sebanyak 225 bibit pohon ditanam secara serentak. Diantaranya jenis durian, jengkol, kayu manis, petai dan langsat.

Turut hadir dalam gerakan tersebut, anggota DPRD Tanah Bumbu, perwakilan Kodim 1022/TNB, PN Batulicin, Pos Lanal Batulicin, KPH Kusan, MUI Tanah Bumbu, sejumlah SKPD dilingkungan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *