Peminat Tes PCR Drive Thru Labkes Kalsel Capai 1.590 Orang

Banjarmasin, lenterbanua.com – Keberadaan layanan tes PCR dan Antigen Drive Thru ternyata mendapat dukungan masyarakat. Karena tingginya animo masyarakat memanfaatkan layanan ini.

Layanan publik ini merupakan terobosan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kalsel yang menggandeng Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalsel di Banjarbaru.

Bacaan Lainnya

“Keberadaan layanan PCR dan Antigen Drive Thru ini, masyarakat dari Banjarbaru sekitarnya terbantu karena tak harus datang ke Banjarmasin untuk melakukan tes,” kata Kepala UPTD Labkes Kalsel, Susi Hermina, Senin (4/10/2021).

Ia mengungkapkan selama enam pekan beroperasi, layanan tes PCR Drive Thru tersebut mencapai 1.590 orang dengan nilai pendapatan Rp834 juta lebih. Sementara peminat tes antigen sebanyak 154 dengan hasil Rp16,9 juta.

“Dalam sehari permintaan tes PCR bisa mencapai 113 tes,” jelas Susi.

Namun, lanjutnya, kerjasama Labkes Kalsel dan BPKP di Banjarbaru telah berakhir 1 Oktober 2021 lalu. Karena dari Banjarbaru juga sudah mulai mampu untuk memberikan pelayanan sendiri.

Saat ini, sambungnya, Labkes sudah kembali melayani tes PCR dan Antigen dalam dua sesi sehari di Gedung Labkes, Jalan Bumi Mas Banjarmasin.

Jadwal layanan untuk Senin – Kamis dibuka dari jam 07.00-09.00 Wita. Sementara untuk pengambilan hasil sampel sesi pertama jam 14.00-16.00 Wita dan sesi kedua pukul 16.00-17.00 Wita.

“Sedangkan untuk hari Jum’at dan Sabtu, layanan tes PCR hanya satu sesi sehari yaitu untuk pengambilan sampel jam 07.00-09.00 WITA dan pengambilan hasil dari jam 14.00-16.00 Wita,” tambah Susi.

Peminat tes PCR, ungkapnya, masih tetap banyak karena digunakan sebagai syarat perjalanan. Sementara untuk antigen mulai berkurang.

“Sekarang kan kasus Covid-19 di Kalsel juga mulai melandai,” pungkasnya. ***

Diketahui, tarif tes PCR di Labkes Kalsel sebesar Rp525 ribu dan Antigen Rp110 ribu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *