Nyaris Semua Warga Binaan Lapas Kelas IIA Taluk Dalam Tervaksin

Banjarmasin, lenterabanua.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Teluk Dalam Banjarmasin terus melaksanakan serbuan vaksinasi bagi warga binaannya.

Hal itu bagian dari upaya LP dalam rangka mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bagi masyarakat yang sedang menjalani sisa pidana. Yaitu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Bacaan Lainnya

Dan hingga saat ini, hampir semua WBP sudah divaksin. Yang sudah mendapatkan vaksin tahap l sebanyak 1.902 orang dan vaksin tahap ll sebanyak 1.887 orang. Terdapat selisih dari vaksin l dan ll dikarenakan adanya WBP yang bebas sebelum mendapat vaksin ll dan yang baru masuk.

Total keseluruhan penghuni Lapas baik itu  perempuan maupun pria saat ini berjumlah 2.216 orang. Sudah divaksin untuk tahap pertama berjumlah 1.992 orang dan untuk  vaksin tahap kedua sebanyak 1.887 orang.

Kepala Lembaga Pemasyarakat Kelas II Teluk Dalam, Herliadi, BcI, PS, Sos saat ditemui di Ruang kerjanya, Jumat (7/1/2022) mengatakan untuk vaksinasi tahap pertama dan kedua perbedaannya cukup signifikan dikarenakan banyak para napi yang bebas sebelum dilakukan vaksin yang kedua.

“Kami akan terus berupaya semaksimal mungkin memberikan vaksinasi kepada penghuni lapas guna membantu program pemerintah untuk pencapaian target 70% bahkan kalau bisa harus lebih,” ucapnya.

Kalapas berharap, dengan pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk sistem kekebalan kelompok (herd immunity) serta melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh kepada warga binaan.

“Mengingat lapas saat ini dihuni ribuan orang warga binaan yang mana sangat rentan untuk penularan Covid-19,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *