Meski Belum Rampung, Jembatan Tanah Merah Dipaksakan Dilintasi

  • Plt Kadis PUPR Tanah Bumbu, Subhansyah memantau jembatan Tanah Merah di Kersik Putih, Kecamatan Batulicin, yang dibuka meski perbaikan belum rampung sepenuhnya.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Meskipun belum sepenuhnya rampung, jembatan Tanah Merah, Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu yang berada di jalan Trans Kalimantan dipaksa untuk dilintasi, sejak Rabu (1/12/2021).

Terpantau Kamis (2/12/2021) jalur dari dalam kota arah Banjarmasin yang selama beberapa bulan ditutup, sudah dibuka dan dilewati berbagai jenis kendaraan. Dari kendaraan bermotor pribadi hingga angkutan barang bertonase besar.

Bacaan Lainnya

Pengendara dan pengemudi pengguna jalan harus melintas secara perlahan, karena kondisinya belum mulus beraspal. Sementara jalur satunya dari arah luar menuju dalam Kota Batulicin tetap dibuka.

Menurut Plt Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu, Subhansyah yang melakukan peninjauan ke lokasi mengatakan, hasil koordinasi pihaknya dengan Satker Balai Jalan dan Jembatan di Banjarmasin, dibukanya jalur tersebut untuk mengurangi beban disebelahnya yang mulai mengalami kerusakan.

“Sengaja dibuka untuk memecah konsentrasi arus lalu lintas dijalur satunya. Karena jembatan disampingnya mulai menurunkan fisiknya,” ucap Subhansyah sembari menunjuk kerusakan jembatan yang sudah diberi rambu

Dikatakannya, meski belum rampung seluruhnya, fisik jembatan yang baru diperbaiki sudah kuat menahan beban angkutan yang melintas sampai 18 ton.

“Dalam waktu dekat jembatan sebelahnya akan diperbaiki, dan aksesnya bakal ditutup. Sehingga arus lalin akan dialihkan ke jembatan baru,” lanjutnya.

Dijelaskannya, nanti setelah rampung seluruhnya perbaikan jembatan baru akan diaspal semuanya.

“Proyek perbaikan ini multiyears dan menjadi satu paket dengan jembatan di Sepunggur dan di Betung serta 2 jembatan lagi di Kintap, Tanah Laut,” sambungnya.

Ia optimis, pekerjaan akan selesai sesuai dengan kontrak.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perhubungan Tanbu, A Marlan, saat dikonfirmasi, mengaku belum mendapatkan informasi tersebut dan tidak ada koordinasi dengan pihaknya.

“Itukan jalan Nasional dan sejauh ini juga tidak pernah koordinasi dengan kita. Jadi tidak tahu terkait arus lalu lintasnya,” katanya. ***

  • Plt Kadishub Kabupaten Tanah Bumbu, A Marlan 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *