Lembaga Ade Ogi Fasilitasi SIUP Gratis Bagi Nelayan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu memfasilitasi nelayan di desa Gusunge, desa Wirittasi dan desa Sungai Lembu, kecamatan Kusan Hilir untuk mendapatkan sertifikasi GT 7 secara gratis, berupa SIUP Penampungan Ikan dan SIPI Penangkap Ikan.

Sebagai langkah awal pembuatan sertifikat gratis tersebut, KSOP Kelas III Batulicin-Kotabaru dan Dinas Perhubungan Tanah Bumbu melakukan pengukuran kapal nelayan, Kamis (18/3/2021) lalu. Kegiatan ini difasilitasi Pengurus Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu.

Bacaan Lainnya

Ketua Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu, Fawahisah Mahabatan mengatakan, program ini merupakan program nasional untuk kapal nelayan GT 7 kebawah yang pembuatan izinnya gratis.

“Ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara lembaga kami dengan pemerintah dibawah kepemimpinan Pak Zairullah dan Pak Rusli,” ungkapnya.

Dikatakannya, Pengurus Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu telah merencanakan gerakan inovasi-inovasi baru, salah satunya menggandeng instansi teknis, seperti Dinas Perhubungan dan KSOP.

“Tapi kedepan kami berharap bisa bekerjasama dengan dinas Perikanan, Dinas Pertanian , Dinas Pendidikan Kebudayaan, Disporpa dan dinas yang lainnya,”  lanjutnya.

Karena, tambahnya, orang Bugis juga banyak yang bekerja dibidang pertanian, tambak ikan, seni dan budaya dan olahraga serta profesi dan usaha lain. Sehingga kehadiran Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan mereka dan ikut serta membangun Tanah Bumbu yang lebih maju.

Sementara itu, Kabid Dishub Tanah Bumbu Ahmad Marlan, mengapresiasi langkah ini. Menurutnya hal ini sebagai langkah maju dalam memberikan pelayanan kepada nelayan.

“Apalagi kegiatan ini kami sangat terbantu oleh adanya Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu yang secara sukarela turun ke lapangan mendata dan mensosialisasikan ke nelayan,” katanya.

Ditempat yang sama, seorang tokoh nelayan desa Gusunge, kecamatan Kusan Hilir, H. Nase, menyebutkan kegiatan seperti ini sangat membantu bagi nelayan Tanah Bumbu, khususnya pesisir pantai Pagatan.

“Diera kepemimpinan Zairullah Azhar  dan  Muhammad Rusli, kami juga mengharapkan bantuan fasilitas lainnya untuk para nelayan,” pungkasnya. tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *