Jelang Lebaran Qurban, Tanah Bumbu Aman Dari PMK

Tanah Bumbu, lenterabanua.comJelang Lebaran Qurban, Tanah Bumbu Aman Dari PMK

LEBARAN haji atau Hari Raya Idul Adha yang lebih lazim dikenal lebaran qurban tinggal menghitung hari. Seperti biasa, pedagang hewan qurban bakal menjamur.

Bacaan Lainnya

Namun, ditengah terpaan isu penyakit hewan yang lagi trending, yakni penyakit mulut dan kuku (PMK) sehingga cukup membahayakan bagi konsumen.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H Hairudin, mengklaim hingga saat ini belum ditemukan kasus PMK di Bumi Bersujud. Ia menyebutkan sejauh ini masih aman dari penyakit tersebut.

“Alhamdulillah hingga hari ini, untuk PMK masih aman di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Hairudin, Rabu (22/6/2022).

Meski demikian, pihaknya terus melakukan antisipasi dengan mengambil langkah yang dilakukan selalu mengawasi sapi-sapi yang masuk dari luar dengan petugas dari dinas dan bekerjasama dengan Balai Karantina petugas yang berwenang.

Hewan qurban yang masuk ke Tanah Bumbu akan diperiksa dan akan dikarantina selama 7 hari untuk diobservasi tim. Setelah dinyatakan tidak ada masalah, maka sudah bisa didistribusikan atau bahkan disembelih.

“Yang biasanya banyak jual di pinggir jalan, itu memamg sudah diperiksa kesehatannya dan sudah dinyatakan layak untuk dijadikan sapi qurban,” ucapnya.

Terkait ketersediaan hewan qurban di Tanah Bumbu, saat ini sudah mencukupi dengan jumlah sekitar 1300 ekor. Ini terbantu dengan adanya hewan yang masuk dari luar daerah ke Tanah Bumbu.

“Jadi stok kita aman dan cukup saja. Jika tidak ada dari luar, bisa jadi kita kekurangan sekitar 800 ekor tetapi dengan masuknya dari luar daerah, maka kita bisa memenuhinya,” pungkasnya. [zh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *