Dorong Milenial Melek Pertanian, BPP Kusan Hilir Gelar Program YESS

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Balai Penyuluh Pertanian Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, gelar kegiatan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Pelatihan 80 perserta dilaksanakan selama dua hari, yakni 24 dan 25 Agustus dibagi dalam 2 kelompok. Satu peserta diantaranya Arsani. Menurutnya pelatihan ini sangat bermanfaat sekali bagi dirinya dan rekan-rekannya.

Bacaan Lainnya

“Setelah ikuti pelatihan ini, rasanya tumbuh jiwa pengusaha dibidang pertanian. Ini niat dan tekad untuk melakukan pengembangan dibidang pertanian,” katanya, Rabu (25/8/2021).

Ia mengaku juga belajar menemukan masalah dan mencari jalan keluarnya. Sehingga baginya sangat bermanfaat sekali.

Arsani, peserta pelatihan Program YESS di BPP Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Bersamaan, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kusan Hilir, Zulkifli, mengatakan, kegiatan YESS kali ini adalah mengadakan kegiatan Pelatihan Motivasi Bisnis Bagi Pemuda Tani.

Menurutnya, kegiatan ini adalah pelatihan awal untuk membangkitkan wira usahanya dulu. Ini bisnis untuk motivasi, untuk membangkitkan jiwa usaha taninya.

Terlebih lagi, bagi kawan-kawan muda ini mudah untuk memuncul jiwa usaha dibidang pertanian dan nantinya, setelah ini akan ada pelatihan lanjutan lagi, hingga pelatihan proposal bisnis.

Peserta Program YESS mendapatkan motivasi dari mobilizer dan motivator.

“Nanti bila ada usahanya, bisa mengajukan proposal untuk hibah kompetitif yang nilainya capai Rp 100 juta, setiap tahun dan ini ada sampai 2025,” ungkapnya.

Yakni, lanjutnya, akan diseleksi dari PPIU Banjarbaru, fasilitator dan mobilizer serta tim lainnya.

“Pelatihan ini digelar masing-masing selama 2 hari sebanyak 40 peserta. Namun dilaksanakan selama dua kali pelatihan sehingga total pesertanya sebanyak 80 peserta,” jelasnya.

Peserta berdialog dengan motivator dan mobilizer.

Peserta yang ikut dari Kusan Hilir, Kusan Tengah, Sungai Loban, Batulicin dan Simpang Empat. Kegiatan serupa juga dilaksanakam di BPP Angsana, Kuranji dan Karang Bintang.

Perlu diketahui, Program YeSS atau lebih dikenal YeSS Programe ini,  kerja sama antara Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Program YESS dijalankan pada empat provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Sudah berjalan sejak tahun 2019, ditargetkan sampai tahun 2025.

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Zulkifli.

Pemerintah Provinsi Kalsel dan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel yaitu SMK PP N Banjarbaru saling bersinergi dalam menyukseskan program YESS di Kalimantan Selatan pada 3 kabupaten yaitu, Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *