Seleksi Kompetensi PPPK Berbasis CAT Dinilai Bebas Kecurangan

Banjarbaru, lenterabanua.com – Pelaksanaan seleksi kompetensi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kalsel, mendapatkan pujian Wakil Rakyat.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel memberikan apresiasi atas pelaksanaan seleksi yang digelar Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang menggandeng Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi dan Kota Banjarbaru di Gedung Idham Chalid, Minggu (3/10/2021).

Bacaan Lainnya

Pujian disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Siti Nortita Ayu saat melakukan pemantauan pelaksanaan seleksi bersama koleganya Gina Mariati dan Burhanuddin. Hasil monitoringnya, pelaksanaan seleksi berjalan dengan lancar dan tertib.

“Kami apresiasi pelaksanaan seleksi PPPK kali ini, prosesnya transparan. Jadi hasilnya kita bisa lihat langsung setelah ujian berakhir,” tegasnya.

Sehingga, lanjutnya, bisa meminimalisir kemungkinan kecurangan, seperti peserta menggunakan joki dan sebagainya.

Kepala BKD Kalsel, Sulkan mengatakan seleksi kali ini menggunakan sistem berbasis CAT, sehingga akan sangat sulit untuk melakukan kecurangan pada tes dengan sistem seperti ini.

Ia menambahkan sistem CAT ini punya sejumlah keunggulan, diantaranya memiliki Face Recognition. Sehingga setiap peserta yang masuk akan dicocokkan wajahnya dengan foto saat pendaftaran.

“Selanjutnya peserta mendapatkan PIN masing-masing untuk mendapatkan soal ujian yang berbeda-beda, sehingga sangat transparan dan hasil ujiannya sangat cepat untuk diketahui oleh peserta,” jelasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *