Dinkes Komitmen Berikan Pelayanan Kesehatan Warga Desa Tertinggal

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dinas Kesehatan Tanah Bumbu akan menambah petugas kesehatan di 5 desa terpencil yang berada perbatasan dengan kabupaten Banjar. Hal itu dalam rangka menunjang program visi misi kepala daerah di bidang pelayanan publik, khususnya pelayanan kesehatan.

“Adapun kelima desa terpencil tersebut yakni, Dadap Kusan Raya, Tamunih, Batu Bulan, Hati’if kecamatan Teluk Kepayang dan desa Emil Baru di wilayah kecamatan Mentewe,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Setia Budi, Kamis (10/06/2021).

Bacaan Lainnya

Setia Budi menyampaikan, saat ini pihaknya sudah menugaskan tenaga kontrak provinsi sebanyak 4 orang. Yakni 2 bidan dan 2 tenaga kesehatan untuk ditugaskan di desa Tamunih Dadap, dan Batu Bulan secara mobile setiap hari.

Selanjutnya untuk penambahan Dinkes juga akan merekrut petugas kesehatan, yaitu 5 perawat dan 5 bidan untuk melayani 5 desa terpencil tersebut.

”Saat ini kami masih melakukan perekrutan petugas perawat dan bidan sambil menunggu anggaran perubahan,” ucapnya.

Sebab, lanjutnya, petugas kesehatan yang akan ditugaskan di wilayah desa terpencil tersebut akan kita berikan gaji serta insentif bulanan kepada mereka.

“Dikarenakan operasional menuju wilayah desa terpencil juga lumayan besar dikarenakan jarak tempuh yang begitu jauh,” tandasnya.

Selain itu dari dinas kesehatan juga akan membangun Puskesdes untuk pelayanan kesehatan di tiga desa terpencil yakni desa Batu Bulan, Dadap Kusan Raya dan Tamunih.

“Saat Bupati beserta seluruh jajaran SKPD silaturahmi ke desa terpencil minggu lalu Dinas Kesehatan Tanah Bumbu juga melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada warga desa Tamunih dan Dadap Kusan Raya,” pungkasnya. Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *