Budidaya Udang Galah Panen Perdana, Kadiskan Tanbu Acungi Jempol

Kadiskan Tanah Bumbu Yulian Herawati bersama pembudidaya menunjukkan udang galah hasil budidaya kolam tanah di Desa Manuntung, Kusan Hulu.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Pembudidaya udang galah di Desa Manuntung, Kecamatan Kusan Hulu melaksanakan panen perdana. Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tanah Bumbu Yulian Herawati, Senin (16/5/2022).

Bacaan Lainnya

Panen perdana udang galah di lahan seluas 20×60 meter persegi ini merupakan hasil uji coba budidaya perikanan kolam tanah diatas lahan milik Kepala Desa Manuntung yang ditebar sejak November 2021 lalu.

“Pada tahap awal uji coba ini ada sebanyak 5 ribu bibit ekor udang galah yang ditebar,” ujar Yulian.

Menurutnya, budidaya udang galah di Desa Manuntung ini awalnya diinisiasi sejumlah pihak.

“Diantaranya Kepala Balai Benih Ikan dan Udang (BBI) Pulau Salak, saat itu dijabat M Rizwan bersama Kepala Desa Manuntung dan personil Babinsa Polsek Kusan Hulu,” terangnya.

Menurut Pejabat Fungsional Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Tanah Bumbu, M Rizwan, budidaya udang galah di Desa Manuntung ini sangat menjanjikan.

“Untuk mendapatkan bibit udang sangat mudah dan sudah diproduksi di Balai Benih Ikan (BBI) Pulau Salak Kusan Hilir,” ungkapnya.

Ia berharap budidaya udang galah ini bisa menjadi percontohan buat masyarakat. Jika udang galah sudah bisa dibudidayakan dan untuk benihnya bisa didapatkan di Balai Benih Ikan dan Udang Pulau Salak. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *