Wacana Pembangunan Pabrik Pengalengan Ikan, Direspon Dinas Perikanan Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Rencana pembangunan pabrik pengalengan ikan di Kabupaten Tanah Bumbu yang pernah dijanjikan Bupati dr HM Zairullah Azhar saat masih kampanye, ternyata bukan omong belaka.

Pasalnya, saat ini Dinas Perikanan Tanah Bumbu sudah bergerak untuk mengumpulkan informasi dan konsultasi hingga ke Kementrian Perikanan dan Kelautan.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah konsultasi ke Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, disana kami menyampaikan keinginan pak Bupati yang ingin membangun pabrik pengalengan ikan,” kata Plt Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, Kamis (10/6/2021).

Menurut Yulian, konsultasi tersebut memang tak masuk fisik pabrik, karena disana hanya unit pengolahan ikan. Kendati demikian, bisa diatasi dengan menyuplai bahan baku.

“Misalnya bahan baku ikan laut, yang kita siapkan adalah gudang beku atau gudang es. Kenapa, karena setiap waktu bisa menyimpan ikan karena tidak setiap waktu ada ikan, apalagi bukan musimnya,” katanya.

Upaya Tanah Bumbu saat ini, agar ada pabrik es yang statusnya milik Pemda. Saat ini, Dinas Perikanan mengusulkan pembangunan pabrik es yang nanti dikelola pihak ketiga dan sudah dilaporkan ke Pusat.

“Dinas akan membantu menyiapkan proposalnya karena ini sifatnya pabrik Pengalengan Ikan adalah industri, maka sudah koordinasikan dengan Dinas Perindustrian kabupaten,” ucapnya.

Selain ini, langkah lain yang dilakukan pemda saat ini adalah melaksanakan studi kelayakan untuk lokasi pendirian pabrik dan lokasi layak atau tidaknya didirikan pabrik, ikan apa yang cocok hingga pasarnya ada atau tidaknya.

Untuk potensi ikan di Tanah Bumbu itu, lantaran berada di wilayah pesisir yang panjang, maka yang cocok sepertinya ikan payau.

“Kalau kita lihat sepertinya ikan bandeng, bisa dioptimalkan lagi dan itu dianggap mampu untuk menyuplai bila itu terbangun. Tinggal pengoptimalan saja lagi,” katanya.

Sementara itu, pelaku usaha perikanan di Tanbu, Muhammad Dong, menyambut baik dengan rencana tersebut dan siap membantu menyuplai.

” Kami sangat mendukung dan siap menjadi penyuplai ikannya,” katanya. Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *