Sinergi BPOM dan Pemkab Tanah Bumbu Melalui Gelaran FGD

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) obat dan makanan aman dan bermutu, bertempat di Gedung PKK Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (15/2/2022).

Dalam FGD itu, pemkab gandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tanah Bumbu, Tujuannya guna membangun diskusi bersama dan berkorelasi dalam program kerja kedua pihak.

Bacaan Lainnya

Khususnya terkait mengeluarkan sertifikat dan ijin edar produk usaha kemasan maupun bekerjasama dalam melakukan pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Bersujud.

“Pemkab Tanbu, bekerjasama melibatkan BPOM setempat untuk melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaku usaha, konsumen secara rutin, keinginan agar masyarakat dapat terlindungi dari peredaran makanan yang tidak memenuhi syarat,” ucap Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Vonny Rosalina.

Dikatakannya, diperlukan upaya demi peningkatan pengetahuan dan kemampuan tenaga kesehatan pembina serta pelaku usaha pangan dapat memenuhi ketentuan dalam produksi makanan.

Kepala Loka POM Tanbu Rahmat Hidayat kegiatan ini upaya meningkatkan koordinasi antara BPOM dengan Pemerintah Daerah terkait efektivitas dan sinergitas pengawasan obat dan makanan yang aman dan bermutu.

“Agar sosialisasi, tentang obat dan makanan daerah bisa merata di seluruh kecamatan yang ada,” ucapnya.

Kegiatan ini untuk menuai kesempatan persamaan persepsi, melalui pertanyaan dan saran maupun sinkronasi program kerja, terkait keamanan obat, makanan maupun produk minuman demi menjaga keamanan kebutuhan masyarakat.

“Ini juga merupakan tindak lanjut dari MOU antara BPOM dengan Pemkab Tanbu yang telah ditandatangani pada bulan Mei tahun lalu,” ucap Kepala Loka POM Tanah Bumbu.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan cermat dalam memilih produk pangan yang aman, sehingga produk yang digunakan dapat terjamin kualitas dan keamanannya.

“Yakni melalui Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa sebelum membeli ataupun mengkonsumsi produk obat dan makanan,” tegas Rahmat.

Terkait saran dan masukan yang disampaikan para peserta melalui kegiatan ini, akan menjadi catatan bagi Loka POM Tanah Bumbu untuk terus meningkatkan kualitas program-program yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *