Secara Virtual, Pejabat Pemkab dan Forkopimda Tanah Bumbu Ikuti Peringatan Harlah Pancasila

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar nyaris diseluruh pemerintah semua tingkatan negeri ini. Tak terkecuali Pemkab Tanah Bumbu, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa (01/6/21).

Mereka ikut upacara secara virtual di ruang Digital Live Room lantai 4 Kantor Bupati Tanah Bumbu, di jalan Dharma Praja kelurahan Gunung Tinggi kecamatan Batulicin.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dipimpin Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin, mewakili Bupati Tanah Bumbu. Peserta upacara virtual ini semua mengenakan pakaian adat khas Pagatan, seperti halnya yang dikenakan juga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Terutama dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak lah ringan,” tutur Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube dari Istana Kepresidenan Bogor.

Menurutnya, Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan, perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” ucap Presiden.

Turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti.

Tampak pula Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar, Ketua BPK Agung Firman Sampurna hadir secara daring.

Ketua MPR Bambang Soesatyo didaulat membacakan naskah Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah pembukaan UUD 1945.

Selain itu, hadir pula para menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua BPIP dan jajaran BPIP serta para duta besar negara sahabat yang juga hadir secara daring. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *