Kadaluarsa, Barang Sitaan Dimusnahkan DKUMP2 Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Barang sitaan hasil kegiatan sidak yang dilakukan oleh Tim Satgas Pangan beberapa waktu yang lalu, dimusnahkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu.

Pemusnahan dilakukan Kepala DKUMP2 H Deny Haryanto, Kabag Perekonomian SDA dan Administrasi Pembangunan Setda Didi Ali Hamidi, serta Staf Khusus Bupati Bidang Perdagangan, di Halaman Kantor Dinas KUMP2 di Gunung Tinggi, Batulicin, Selasa, (4/1/2022).

Bacaan Lainnya

“Pemusnahan dilakukan dengan cara dikuburkan dalam lubang galian yang kemudian timbun dengan tanah,” sebut H Deny.

Dijelaskannya, pemusnahan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan sidak Tim Satgas Pangan yang menyasar distribusi barang pangan.

Yakni yang dijual toko modern berjaringan maupun toko modern yang tidak berjaringan pada saat menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, menjelang Natal 2021, dan Tahun Baru 2022 lalu.

Saat momen hari besar tersebut biasanya para penjual memicu kenaikan penjualannya dengan berbagai bentuk promo.

Karena ada barang yang sudah kadaluarsa dan barang yang rusak kemasan ditemukan masih berada di outlet, maka Tim Satgas Pangan melakukan penyitaan agar masyarakat sebagai konsumen tidak sampai membeli barang yang sudah tidak layak konsumsi.

“Disinilah peran pemerintah melalui Tim Satgas Pangan yang telah dibentuk dalam melindungi masyarakatnya dengan memberikan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat bisa lebih hati-hati dalam berbelanja,” ujarnya.

Ditambahkan H Deny, Tim Satgas Pangan Tanbu pada tahun 2022 akan kembali melakukan sidak pangan untuk menjaga dan melindungi masyarakat Tanah Bumbu dari mengkonsumsi barang yang sudah tidak layak pangan dan tidak layak dari segi kesehatan.

“Telitilah sebelum membeli dan jadilah konsumen yang cerdas,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *