Pemkab Tanah Bumbu Bangun Infografis Data Banjir

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Lima kecamatan di kabupaten Tanah Bumbu terdampak banjir menjadi sumber penyusunan infografis kawasan banjir.

Yakni Kusan Tengah, Teluk Kepayang, Mentewe, Satui, dan Kusan Hulu.

Bacaan Lainnya

Menurut Kabid Statistik Dan Persandian, Dinas Komunikasi Dan Informatika, Akhmad Sobari, adanya infografis data ini agar terkoneksi dalam memperoleh informasi bencana banjir.

“Corongnya informasi ada di Kominfo merupakan data informasi satu kesatuan di Kabupaten artinya data satu pintu. Sementara di BPBD bertugas pada teknis penanganan banjir dan data sektoral ada pada Kominfo yang merupakan satu informasi Kabupaten,” jelasnya.

Hal itu disampaikannya dalam rapat koordinasi antar SKPD terkait Penyusunan Infografis kawasan Banjir, Senin (31/5/2021) di ruang rapat Dinas Kominfo Tanah Bumbu.

Teknisnya, ucapnya, Kadis Kominfo yang akan menyampaikan tentang informasi cakupan banjir di Tanah Bumbu. Diantaranya jumlah desa, kecamatan, termasuk menginformasikan masyarakat terdampak dan berapa volume korban mengungsi.

Kerena itu, lanjutnya, akan terlihat prosentase dan kepedulian berbagai pihak terhadap banjir ini, termasuk stake holder.

“Disamping itu kita juga harus menghitung berapa kerugian yang terdampak secara keseluruhan dari masing masing sektor akibat dari banjir,” terangnya.

Ia mencontohkan sektor pertanian, misalnya berapa luasan sawah yang terendam dalam hal ini sawah yang produktif, dampak terhadap sektor perikanan, IKM dan UMKM.

Disebutkannya, data sektoral itu merupakan tanggung jawab di masing-masing SKPD.

“Misalnya kependudukan itu tanggung jawab pihak Disdukcapil dan luasan sawah terendam itu adalah Pertanian,” tandasnya.

Dia berharap dengan, adanya rencana kedepan ini SKPD harus lebih perduli terhadap data dengan sumber informasi.

Jadi data informasi itu tersimpan dalam sebuah sistem supaya tidak hilang.

“Sebab kita harus punya penyanding bahwa data tahun sebelumnya bisa menjadi tolak ukur tingkat dampak banjir pertahun,” tegasnya.

Tujuannya dalam rangka memberikan informasi data yang akuntabel.

“Karena infografis ini selesai maka akan dibuatkan berita acara bahwa sumber data ini adalah bersumber dari masing-masing SKPD terkait ,”tutupnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *