Program Kabupaten Sehat, Seluruh Kawasan Ditargetkan Bebas Pencemaran Air

  • Ketua Tim Forum Kabupaten Sehat Tanah Bumbu, Fawahisa Mahabatan saat rapat koordinasi di Kecamatan Mantewe. 

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Program Kabupaten Sehat di Tanah Bumbu terus digaungkan dan kiprahnya kian aktif merambah hingga ke pelosok-pelosok. Program ini dipandu Tim Forum Kabupaten Sehat yang diketuai Fawahisa Mahabatan.

Seperti halnya kegiatan mereka di Kecamatan Mantewe, dengan menyelenggarakan rapat sosialisasi dan koordinasi, Senin (25/10/2021). Rapat dibuka Sekretaris Kecamatan, Sartoyo dihadiri Tim Forum Kabupaten Sehat Tanah Bumbu, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Mantewe dan perwakilan Puskesmas.

Bacaan Lainnya

Sartoyo mengatakan, prinsipnya program Kabupaten Sehat tak hanya peran sektor kesehatan, namun merupakan harus ada andil semua instansi di daerah, yang nantinya dapat mendekatkan program-program pembangunan.

“Melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada proses ketimbang output,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Tim Forum Kabupaten Sehat Tanah Bumbu Fawahisa Mahabatan menyebutkan, program ini adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduk.

Dikatakannya, hal itu harus dicapai melalui penerapan sejumlah tatanan dan kegiatan yang terintegrasi. Tentunya disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

“Salah satu indikator paling utama adalah setiap desa telah dinyatakan ODF atau Stop BAB Sembarangan (SBS). Yakni desa yang 100% masyarakatnya telah BAB di jamban sehat”, ujarnya.

Terpantau, saat sesi dialog dan tanya jawab terungkap beberapa usulan, diantaranya permasalahan jamban sehat, pengelolaan sampah dan terkait pencemaran air sungai akibat ulah oknum-oknum usaha tambang yang kurang bertanggung jawab.

Kegiatan serupa juga laksanakan Tim Forum Kabupaten Sehat Tanah Bumbu di kecamatan Karang Bintang dihari yang sama. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *