Pelajar di Tanah Bumbu Ikuti Mining Tour, Pengenalan Dunia Tambang

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Ratusan siswa-siswi SLTA sederajat di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel mengikuti Sosialisasi K3 dan Mining Tour Oleh Jhonlin Group, di Auditorium SMKN 1 Simpang Empat, Tanah Bumbu, Rabu (23/2/2022).

Mereka berasal dari 7 sekolah tersebut, yakni SMKN 1 Simpang Empat, SMKN 2 Simpang Empat, SMAN 1 Simpang Empat, SMKS Kodeco Simpang Empat, SMKS Bangun Banua, SMKS Tunas Bangsa Batulicin, SMKS Al Hidayah Batulicin.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala sekolah SMKN 1 Simpang Empat, Amran Ali, kegiatan ini dapat menjadi corong informasi kepada masyarakat jika proses pertambangan tak hanya sekedar mengeksplorasi sumber daya alam.

“Tapi yang penting adanya upaya perbaikan berkelanjutan yg dilakukan perusahaan,” tegas Amran Ali.

Ia mengapresiasi upaya Jhonlin Group yang menyelenggarakan mining tour ini. Pasalnya sangat baik, selain memberikan pengalaman baru bagi anak didik, juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan langsung dari perusahaan.

“Kedepan diharapkan kegiatan seperti ini bisa berlanjut tidak hanya di sektor pertambangan bisa di pertanian atau bidang lainnya,” harapnya.

Karena, sambungnya, potensi SDM yang ada di perusahaan khususnya Jhonlin Group sangat mungkin membagikan ilmunya kepda sekolah yang ada di Tanah Bumbu.

Sementara perwakilan perusahaan dr Fadly Wirawan berharap upaya ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi pentingnya memelihara lingkungan.

“Bersama PT Jhonlin Baratama menggelar sosialisasi K3 dan mining tour memperingati Bulan K3 Nasional,” katanya.

Disebutkannya, kegiatan ini bisa memberikan wawasan yang lebih luas bagi pelajar di Tanah Bumbu tentang dunia tambang, dunia K3LH di pertambangan.

“Bagaimana perusahaan mengelola pertambangan dengan cara yang bertanggung jawab melalui proses reklamasi lahan tambang,” tukasnya.

Siswa SMK Kodeco, Aditya Purnama Putra mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. Melalui mining tour ini ia banyak mendapat pengetahuan dan pengalaman terlebih lagi mengenal langsung dunia kerja.

Dalam sosialisasi ini peserta diberikan materi K3, diantaranya keselamatan dan kesehatan kerja meliputi dasar-dasar K3, pirakida kecelakaan, penyebab kecelakaan, istilah-istilah dalam K3, higiene dan sanitasi, ergonomi kemudian house keeping, dan 5R (Ringkas, Resih, Rapi, Rawat dan Rajin).

Dalam pemaparan beragam materi, pengenalan dunia tambang ini juga dirangkai dengan kunjungan ke lokasi kerja di PIT Trambesi, penanaman secara simbolisis, foto bersama di PIT Bengkiray, kunjungan ke pelabuhan DSP jetty 1 ditutup dengan makan siang di area nursery PT JB site sungai dua. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *