Optimalisasi Pendapatan Sektor PKB dan PAP DPRD Kalsel Siap Batu Pemulihan

Kotabaru, lenterabanua.com – Komisi II DPRD Kalsel bakal segera melakukan upaya besar dalam mengoptimalkan pemulihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Air Permukaan (PAP), karena adanya penurunan PAD dua sektor ini.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi berharap, usai kunjungan kerja (Kunker) di Samsat Pembantu Serongga, Kotabaru, Jumat (2/7/2021).

Bacaan Lainnya

Ia berharap ada langkah kongkrit untuk memaksimalkan sumber pendapatan daerah dapat segera direalisasikan.

“Dengan adanya kunjungan yang dilaksanakan itu diharapkan langkah serta upaya kami dalam meningkatkan pendapatan di sektor pajak kendaraan bermotor dan air Permukaan bisa tertangani kedepan,” katanya.

Terlebih, ia menilai fasilitas dan sarana prasarananya pun setidaknya harus ditingkatkan, agar antusias wajib pajak (WP) dalam mendapatkan pelayanan mampu dioptimalkan.

“Tentunya sarana prasarana penunjang untuk mempermudah wajib pajak dalam mendorong mereka bertransaksi tentu harus ada,” bebernya.

Selain PKB yang diharapkan harus terus meningkat, legislator yang akrab disapa Paman Yani ini mengakui Kotabaru juga memiliki potensi besar terhadap penerimaan dari sektor PAP.

“Di Kotabaru banyak perusahaan yang menggunakan air permukaan. Tentu, ada langkah yang harus kami pikirkan bersama agar pendapatan ini juga mampu didapatkan secara optimal,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kasi PKB dan BBNKB UPPD Samsat Kotabaru, Muhammad Fahmi Arif mengapresiasi arahan wakil rakyat untuk bisa mengoptimalkan pendapatan di dua sektor tersebut.

“Kami dari Samsat Kotabaru berterima kasih atas kunjunganya dan ini merupakan apresiasi besar agar langkah kedepan dua pendapatan kami mampu meningkat lagi,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Samsat Pembantu Serongga, Aipda Yudistira mengutarakan sebagai mitra kerja, pihaknya selalu siap membantu dan bekerjasama dalam meningkatkan PAD, khususnya di kabupaten Kotabaru.

“Selama ini kerjasama kami berjalan sangat baik, tentunya salah satu langkah atau upaya peningkatannya adanya pelaksanaan razia dan hal ini perlu ditingkatkan supaya mendorong masyarakat agar lebih tertib lagi terhadap pajaknya,” jelasnya.

Secara terpisah, wajib pajak dari Serongga, Husnul Hatimah mengungkapkan meski dari pelayanan dianggap sudah cukup baik. Namun, dirinya mengatakan, agar optimalisasi layanan kesamsatan bisa lebih mudah didapatkan. Setidaknya Samsat Serongga dapat memiliki fasilitas usaha jasa fotocopy.

“Untuk layanan Samsat Serongga sangat cepat dan saya sudah dua kali kesini. Tetapi, supaya lebih optimal lagi, kalau bisa sih sediakan jasa fotocopyan disini,” tukasnya.

Karena, pungkasnya, ia selaku wajib pajak cukup kesulitan jika tidak ada itu dan usaha tersebut juga cukup jauh jaraknya dari kantor kesamsatan,” paparnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *