Momentum Hari Gizi Tonggak Dorong Turunkan Angka Stunting

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu bersama Pengurus Tim Penggerak PKK setempat peringati Hari Gizi Nasional ke-62 dengan melaksanakan kampanye makan ikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Batulicin, Senin (24/1/2022).

Peringatan Hari Gizi Nasional yang disaksikan puluhan siswa-siswa dan tenaga pengajar SMP Negeri 3 Batulicin ini mengusung tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas.

Bacaan Lainnya

Kemudian menggaungkan slogan Gizi Seimbang Keluarga Sehat, Negara Kuat. Kegiatan serupa diselenggarakan serentak di seluruh Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan.

Kegiatan di Bumi Bersujud, dibuka Wakil Ketua 4 TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, dr Decky Atmajaya. Ia menyebutkan, kegiatan ini menjadi momentum untuk menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen berbagai pihak untuk membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi.

Selain itu sekaligus mengkampanyekan Program Isi piringku dan pencegahan obesitas pada anak.

“Yang paling penting lagi merupakan upaya mendukung penurunan angka stunting dan obesitas secara nasional/ khususnya di Bumi Bersujud,” ucapnya.

Pencegahan stunting dan obesitas harus sejak dini. Yakni melalui peran keluarga. “Karena keluarga memiliki peranan dalam usaha tersebut. Yakni dengan asupan gizi yang ideal,” ujarnya.

Ia berharap, dengan pencegahan stunting dan obesitas akan mampu mencetak generasi yang mempunyai kemampuan emosional dan sosial serta fisik yang siap berdaya saing.

Rangkaian peringatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu juga membagikan masker dan obat tambah darah guna mencegah anemia bagi remaja putri.

Sementara Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan Tanah Bumbu menyerahkan bibit tanaman untuk sekolah, serta makanan tambahan berupa nugget ikan kepada para siswa-siswi SMP Negeri 3 Batulicin. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *