Meski Diguyur Hujan, Upacara HUT RI Tetap Khidmat

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Meski diguyur hujan, prosesi upacara Hari Kemerdekaan RI ke 76 di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (17/8/2021), tetap khidmat. Tak satu pun peserta beranjak dari tempatnya. Ritual sakral penggerek bendera terus berlanjut dengan kondisi basah kuyup.

Bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT RI ke 76 Bupati Zairullah Azhar, dan dikomandani Inspektur Satu Aditia dari Polres Tanah Bumbu.

Bacaan Lainnya

Upacara Dirgahayu RI ini dihadiri Wabup Muhammad Rusli, Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih, Dandim 1022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto, Kajari Tanah Bumbu Muhammad Hamdan, Ketua Pengadilan Batulicin dan Wakil Ketua DPRD Sayyed Ismail Al-aydrus.

Terpantau dilapangan, saat pasukan pengibar bendera (Paskibra), Dwi Oktaviani, Muh Rizqullah Ramadhan dan Muchlan Dwi Andida, menggerek bendera, tiba-tiba hujan deras mengguyur komplek kantor bupati.

Bupati Zairullah Azhar saat meninggalkan mimbar upacara peringatan HUT RI ke 76

Tak pelak, pasukan penggerek bendera dan peserta upacara basah kuyup. Namun dengan semangat patriotisme tinggi, tak satu pun diantara mereka beranjak dari tempatnya. Mereka rela bertahan demi prosesi upacara sakral bagi bangsa Indonesia ini.

Bupati Zairullah Azhar mengatakan meski hujan tidak mengurangi khidmatnya peringatan Hari Kemerdekaan RI ini. Perjuangan terus berlanjut dan tugas bersama adalah membangun semangat kebangsaan.

“Yang dibutuhkan bangsa ini adalah rasa kesatuan dan persatuan. Mari kita perangi Covid-19 secara bersama. Dan itu yang sekarang kita lakukan bersama forkopimda,” katanya.

Sementara Dandim 1022/TNB, Letkol Cpn Rahmat Trianto, mengatakan semangat kemerdekaan harus tetap ada meskipun saat ini dilanda Covid-19. Namun harus mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Sekda H Ambo Sakka, dan semua Kepala SKPD dilingkup Pemkab Tanah Bumbu turut hadiri upacara.

“Dimasa pandemi ini, kita harus mengisi kemerdekaan dengan bersama-sama berperang melawan Covid-19. Diantaranya vaksinasi secara massif,” tegasnya.

Hal serupa diungkapkan Kepala BPKAD Tanah Bumbu, H Syamsuddin. Momentum peringatan HUT Kemerdekaan ini menjadi tonggak kebangkitan untuk mengakhiri virus corona dari bumi pertiwi dengan semangat perjuangan.

“Kita isi kemerdekaan dengan jiwa dan jasmani yang sehat. Agar bisa membangun bangsa dengan maksimal,” tandasnya.

Dalam prosesi upacara, Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Sayyed Ismail Al-aydrus didaulat membaca teks proklamasi.

Bupati Zairullah Azhar menyerahkan penghargaan kepada Kajari Tanah Bumbu, M Hamdan usai upacara.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyerahkan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu atas upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Bumi Bersujud.

Penghargaan diterima Kepala Kejaksaan Negeri Muhammad Hamdan dan Kasi Intelijen Andi Akbar Subari. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *