Kodim 1022/TNB Vaksinasi Ratusan Mahasiswi Stikes Darul Azhar

Tanah Bumbu, lenterbanua.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Darul Azhar Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu wacanakan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dalam waktu dekat.

Untuk mewujudkannya, pihak kampus melakukan persiapan, diantaranya memberikan vaksin gratis bagi ratusan mahasiswa/ mahasiswinya untuk dosis pertama, Senin (13/9/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan vaksinasi menggandeng Kodim 1022/TNB dengan menyiapkan 200 dosis vaksin sinovac. Kegiatan vaksinasi massal digelar di Kampus STIKES Darul Azhar, Jalan Batu Benawa, Desa Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

Kodim 1022/TNB fasilitasi ratusan mahasiswi Stikes Darul Azhar mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

“Hari ini kami melaksanakan vaksinasi bersama Kodim Tanah Bumbu untuk mahasiswa dan keluarga besar kampus,” ucap Dosen Keperawatan STIKES Darul Azhar, Farhan Andika Putra.

Menurut Farhan, vaksinasi ini bertujuan dalam rangka rencana pelaksanaan PTM tahun ajaran baru semester ganjil di Kampus STIKES Darul Azhar, akhir bulan ini. Alasannya, persiapan lainnya berupa sarana dan prasarana protokol kesehatan sudah terpenuhi.

“Tapi 60 persen mahasiswa kami belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Sehingga untuk memuluskan rencana PTM mereka harus divaksin,” ungkapnya.

Dosen Keperawatan STIKES Darul Azhar, Farhan Andika Putra, bersama Perwira Kodim 1022/TNB pantau vaksinasi.

Sementara, lanjutnya, 40 persen diantaranya sudah melakukan vaksinasi lebih awal di tempat lain. Dengan sudah bervaksin, rasa aman sudah ada dan tatap muka segera dilaksanakan.

“Mengingat pada pembelajaran online, sejumlah hal untuk mengasah skill mereka dibidang kesehatan melalui praktek belum tercapai,” jelasnya.

Atas terlaksananya vaksinasi ini, Farhan menyampaikan terimakasih kepada jajaran Kodim 1022/TNB yang sudah memfasilitasi dengan menyediakan dan menyiapkan kebutuhan mahasiswa dan keluarga besar kampus.

Mahasiswi STIKES Darul Azhar Batulicin saat menjalani vaksinasi dari petugas vaksinator.

“Kami sangat bersyukur kegiatan vaksinasi ini terlaksana, dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Kodim 1022 Tanah Bumbu,” tandasnya.

Ia berharap, melalui vaksinasi ini kekhawatiran dalam menggelar pembelajaran tatap muka bisa hilang. Sehingga kedepan proses pembelajaran bisa berjalan maksimal.

Sementara sejumlah mahasiswi STIKES Darul Azhar mengaku gugup saat vaksinasi. Pasalnya ada yang memang takut dengan jarum suntik. Seperti yang diungkapkan Rasita. Ia terlihat pucat ketika petugas vaksinator menancapkan jarum suntik berisi vaksin secara perlahan dilegan kirinya.

Para mahasiswi STIKES Darul Azhar Batulicin menunggu cetakan kartu vaksin usai menjalani vaksinasi.

“Iya pak, saya memang takut dengan jarum suntik. Tapi demi melindungi tubuh dari virus, saya harus bisa menahannya,” kata Rasita sambil tersipu malu.

Namun kini ia mengaku lega, karena sudah melewati proses vaksin dosis pertama. Bahkan ia belum merasakan efek apapun setelah divaksin. Sehingga ia akan memberanikan diri untuk menerima dosis kedua sesuai jadwal yang sudah ditentukan petugas.

“Saya siap untuk vaksin kedua. Karena vaksin ini sangat bermanfaat meningkatkan imun tubuh. Apalagi sebentar lagi akan ikut PTM,” ujarnya.

Kartu vaksin yang tercetak milik salah satu Mahasiswi STIKES Darul Azhar Batulicin.

Berbeda dengan Siti Rahmah. Mahasiswi yang satu ini tak mengenal takut dengan jarum suntik, sehingga dengan mudah vaksinasi dilaluinya. Ia mengaku baru mendapatkan kesempatan divaksin, karena selama ini belum menemukan tempatnya kegiatan.

“Alhamdulillah saya akhirnya bisa vaksin. Ini baru dosis pertama, karena belum dapat info selama ini,” ungkapnya.

Melalui vaksinasi ini, Siti optimis ia bisa menjaga kesehatannya dan bisa menghindari diri dari paparan Covid-19.

Proses vaksinasi di Kampus STIKES Darul Azhar Batulicin.

“Saya siap menjalani PTM di kampus, karena yakin vaksin ini melindungi tubuh kami,” tegasnya.

STIKES Darul Azhar Batulicin sendiri memiliki 190 mahasiswa dan mahasiswi yang terbagi dalam tiga jurusan. Yakni Keperawatan, Bidan dan Farmasi. Dari semua itu, 90 persen dominan perempuan.

Kegiatan vaksinasi di kampus ini sebagai wujud kepedulian Kodim 1022/ TNB terhadap dunia pendidikan di Bumi Bersujud.

Suasana kegiatan vaksinasi di Kampus STIKES Darul Azhar Batulicin.

Kodim sendiri sudah untuk kesekian kalinya melaksanakan vaksinasi massal. Diantaranya menyasar para prajurit dan keluarga besar TNI AD. Kemudian memfasilitasi vaksin untuk lanjut usia (Lansia), masyarakat umum, dan kalangan milenial.

Aksi kemanusiaan ini mereka lakukan dalam rangka membantu percepatan program pemerintah untuk menuntaskan serbuan vaksinasi. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *