Kerja Keras Pemkab Tanah Bumbu, Berbuah Hasil Kinerja Positif

Laporan Khusus

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Berkat kerja keras dalam meningkatkan pelayanan publik, Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mampu menorehkan beragam prestasi dan penghargaan sepanjang 2021 ini.

Bacaan Lainnya

Tercatat, pada triwulan pertama di tahun 2021, Kabupaten Tanah Bumbu yang kini dipimpin pasangan Bupati HM Zairullah Azhar dan Wakil Bupati HM Rusli berhasil meraih berbagai prestasi. Baik disektor pelayanan publik, maupun kinerja pemerintahan.

Diantaranya belum lama tadi, mewakili pemkab Tanah Bumbu, Wabup HM Rusli menerima penghargaan terbaik 1 sebagai daerah kinerja terbaik dalam pelaksanaan Kovergensi Percepatan Penurunan Stunting (KP2S) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020 untuk locus nasional.

Percepatan penurunan stunting ini memang menjadi perhatian serius kepala daerah HM Zairullah Azhar dan HM Rusli, melanjutkan kepemimpinan pemimpin sebelumnya.

Untuk penurunan angka stunting ini, pemkab Tanah Bumbu 2021 ini, mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 25,3 milyar untuk layanan dasar air minum. Ketersediaan layanan dasar air minum merupakan faktor penting bagi kehidupan masyarakat.

Diharapkan dengan tersedianya layanan air bersih dapat mengatasi persoalan sanitasi dan akses air bersih bagi masyarakat sehingga mencegah stunting.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar M.Sc

Kemudian, penghargaan lainnya yang diraih sepanjang tahun 2021 ini, seperti penghargaan kategori terbaik Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2020. Penghargaan tersebut diberikan Kemenpan Reformasi Birokrasi RI.

Indikator yang menjadi keunggulan kabupaten Tanah Bumbu, yakni aspek pelayanan, dengan angka rata-rata di level 4. Artinya layanan sudah terintegrasi dari layanan ke layanan lain.

Layanan tersebut ada manajemen kepegawaian, perencanaan, penganggaran, manajemen keuangan, manajemen kinerja, ada pengaduan publik, dan lainnya.

Terkait pelayanan publik ini, dari tahun ketahun Indeks SPBE Tanbu terus membaik. Tercatat, tahun 2018 Indeks SPBE tercatat sebesar 1,73 masuk kategori cukup, 2019 tercatat sebesar 2,37 masuk kategori cukup, dan tahun 2020 meningkat menjadi 3,00 masuk kategori baik.

Masih terkait pelayanan publik, Pemkab Tanbu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga meriah penghargaan ‘Dukcapil Bisa’ dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Tito Karnavian.

Penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi atas kinerja terbaik, dedikasi yang tinggi, komitmen yang kuat, dan konsistensi dalam mengemban dan menjalankan tugas memberikan pelayanan administrasi kependudukan Tahun 2020.

Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli S.Sos

Beberapa pelayanan dukcapil yang dilakukan diantaranya pelayanan keliling ke desa-desa terpencil serta pelayanan adminduk secara online. Dengan adanya pelayanan jemput bola dan pelayanan online tersebut tentu saja dapat meringankan beban masyarakat yang harus berurusan ke Kantor Dukcapil yang ada di kota Batulicin.

Selanjutnya, sebelumnya juga, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan predikat nilai memuaskan untuk Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) terkait hasil pengawasan kearsipan tahun 2020.

Terkait pengawasan kearsipan tersebut, Pemkab Tanbu meraih nilai memuaskan atau berada di posisi 50 dari peringkat nilai hasil pengawasan kearsipan pada instansi pemerintah tingkat daerah Kabupaten/Kota tahun 2020.

Tanah Bumbu meraih nilai kategori memuaskan dan berada diperingkat 50 dari 508 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Terkait capaian hasil yang diraih oleh Kabupaten Tanah Bumbu tersebut, tentu saja disambut gembira jajaran Pemkab Tanbu.

Pasalnya, pada tahun 2018 Kabupaten Tanah Bumbu berada pada peringkat 74 dengan kategori Cukup, dan pada tahun 2019 Kabupaten Tanah Bumbu berada pada kategori Sangat Baik tanpa ada penyebutan peringkatnya.

Adapun yang menjadi aspek penilaian dalam pengawasan sistem kearsipan internal yakni, Pengelolaan Arsip Dinamis yang meliputi penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip.

Kemudian, Sumber Daya Kearsipan yaitu arsiparis dan pengelola arsip, serta prasarana dan sarana seperti Record Center dan peralatan kearsipan.

Tak hanya pelayanan publik, prestasi dibidang keagamaan juga diraih Bumi Bersujud. Ketika pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke XXXIII 2021 lalu, kontingen Tanah Bumbu, meraih juara III.

Prestasi tersebut tentunya sangat menggembirakan karena sebagaimana keinginan menjadikan kabupaten Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah perlahan demi perlahan segera terwujud. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *