Kak Bimo Mendongeng, Ratusan Bocah Gembira

  • Upaya Dispersip Kalsel Bangun Karakter Anak Melalui Dongeng

Banjarmasin, lenterabanua.com – Master Dongeng Nasional Bambang Bimo Suryono atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kak Bimo, tampil apik hingga mampu membangun karakter ratusan bocah Banua.

Suasana itu terlihat saat menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel di Kid’s Library Perpustakaan PalNam, Rabu (17/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dengan gaya yang aktraktif dan interaktif, pada kegiatan bertajuk “November Ceria Palnam Berdongeng” ini, Kak Bimo berhasil membuat ratusan anak-anak usia dini sangat antusias mendengarkan dongeng yang dibawakannya.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie melalui Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Wildan Akhyar mengatakan pihaknya ingin mengenalkan buku dan menumbuhkan budaya literasi kepada anak-anak usia dini melalui kegiatan mendongeng ini.

“Pada situasi pandemi di Kalsel yang sudah mulai mereda, akhirnya kami bisa berkegiatan kembali menghibur anak-anak. Semoga seiring kasus Covid-19 yang melandai ini minat masyarakat maupun anak untuk berkunjung ke perpustakaan juga semakin meningkat,” katanya.

Wildan menambahkan peserta yang hadir dalam kegiatan ini masih dibatasi, dengan mengundang PAUD yang telah bekerja sama dengan Dispersip Kalsel.

Sementara, Kak Bimo menyampaikan bahwa kegiatan mendongeng di Perpustakaan PalNam ini merupakan kegiatan yang istimewa karena secara spesifik dapat mengarahkan anak-anak untuk mencintai ilmu pengetahuan yang akan menggerakkan perilaku mereka dan menghasilkan budaya peradaban yang istimewa.

“Apabila anak mendapatkan banyak cerita dongeng maka akan banyak pula pengetahuan dan nilai yang masuk tanpa mereka merasa diceramahi. Nilai-nilai yang mengendap akan menjadi dasar karakter untuk membangun kehidupan mereka yang hasilnya dapat dilihat pada satu generasi yang akan datang,” jelasnya.

Selain itu, Kak Bimo juga menyampaikan kebanggaannya terhadap Kalsel, yang berkomitmen menggerakkan dunia literasi, guna menyongsong masa depan generasi emas.

“Di antara banyak provinsi yang pernah mengundang saya, Kalsel ini memang istimewa, selalu mempunyai gebrakan, itu sebuah prestasi yang membanggakan dan semoga menyebar ke wilayah lain,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *