Jelang Dioperasikan, Lapas Kelas III Batulicin Bersih-bersih

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Jelang dioperasikan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu berbenah.

Diantaranya menggelar kegiatan bhakti sosial dan silaturhami dengan masyarakat diwilayah Lapas, Sabtu (5/2/2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan bhakti sosial dan silaturahmi yang digelar Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru Kelas IIA Kotabaru yang menjabat sebagai Plt Kalapas Kelas III Batulicin, Yosef Benyamin Yembise.

Kegiatan dirangkai penyerahan seperangkat alat olah raga berupa bola voly dan net kepada Karang Taruna Desa Saring Sungai Bubu, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu.

“Lapas kelas III Batulicin ini akan segera beroperasi tahun ini. Sembari menunggu proses sarana dan prasarana tentu mulai saat ini kita mulai berbenah agar nantinya segera dapat dioperasikan,” kata Yosef Benyamin Yembise.

Dijelaskan, Lapas Batulicin memiliki kapasitas 240 orang tahanan. Terdiri dari 4 blok dengan daya tampung 40 hingga 60 orang perbloknya dengan menempatkan petugas sebanyak 60 orang.

Prioritas penghuni Lapas Kelas III Batulicin nantinya sebagian besar warga Tanah Bumbu, sehingga apabila ada pihak keluargaa yang akan membesuk tentunya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk transportasi seperti saat ini.

“Saya berharap melalui kegiatan ini komunikasi dan silaturahmi antara Kalapas kelas III Batulicin dengan pemerintah daerah terus terjalin,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Kholil Alayidrus menyambut baik kegiatan bhakti sosial kepada masyarakat diwilayah Lapas Batulicin.

“Saya berharap Lapas Kelas III Batulicin ini dapat segera mungkin beroperasi,Kami dari DPRD siap membantu kebutuhan sarana dan prasarana yang di perlukan oleh Lapas Batulicin,” ujarnya

Selain itu bangunan Lapas Kelas III Batulicin sudah memenuhi standar untuk warga binaan yang mana bukan seperti lapas lapas peninggalan jaman belanda yang terkesan menakutkan.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kalapas dan jajarannya. Ini memang harus dilakukan agar membangun sinergi dengan masyarakat disekitar lapas, sehingga tidak ada lagi kesan bahwa lapas menjadi momok yang mengerikan melainkan benar benar sebagai tempat binaan dengan penuh rasa kekeluargaan,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan bhakti sosial dan silaturahmi tersebut yakni Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, Camat Kusan Tengah dan Kepala Desa Saring Sungai Bumbu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *