Hemat Kertas, DiskominfoSP Tanah Bumbu Luncurkan Aplikasi Buku Tamu Digital

  • Bagikan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dalam rangka melakukan penghematan terhadap penggunaan kertas, Dinas Kominikasi Informatikan Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu menerapkan memanfaatkan aplikasi digital sebagai media layanan.

Salah satunya untuk buku tamu yang selama ini lebih dominan menggunakan cara konvensional, yakni dengan kertas dan pulpen. Namun kini Diskominfo SP mempelopori penggunaan Aplikasi Buku Tamu Digital.

Aplikasi buku tamu digital ini memudahkan tamu yang ingin bertemu dengan kepala dinas maupun pejabat Diskominfo SP, tanpa harus mengisi daftar tamu secara manual lagi.

Kepala dinas Komonikasi dan informatikan Statistik dan Persandian Tanah Bumbu Ardiansyah, SSos, Rabu (19/1/2022) mengatakan, peluncuran aplikasi ini sudah diberlakukan sejak Senin (17/1/2022) kemarin.

“Tujuannya untuk menghemat penggunaan kertas dan mengurangi kontribusi sampah,” ungkap Kadis.

Sementara Kasubbag Umum Kepegawaian Muchyar menambahkan, melalui apalikasi buku tamu digital ini, tamu tidak perlu lagi mengisi buku tamu seperti sebelumnya.

“Cukup dengan menggunakan google foto untuk menscane barcode yang telah ada di resepsionis maka data tamu akan muncul,” ucapnya

Data dimaksud seperti nama, NIP, instansi, keperluan, jam kunjungan dan tanda tangan.

“Semua itu cukup diisi melalui handphone dan langsung terkoneksi dengan aplikasi yang ada pada dinas kominfo dan terdata semua dalam buku aplikasi,” tukas Muchyar.

Melalui sistem aplikasi buku tamu digital ini selain mempermudah, juga tentunya dapat menghindari penularan covid-19 di tengah pandemi. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x