Haruan Tanah Bumbu Melimpah, Masyarakat Diajarkan Produksi Albumin

  • Masyarakat Desa Binawara, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan pelatihan proses pengolahan albumin dari ikan gabus.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Kabupaten Tanah bumbu memiliki potensi besar untuk produksi Albumin. Yakni protein dalam darah manusia yang diproduksi oleh hati dan punya fungsi penting untuk kelangsungan hidup.

Penilaian itu dilontarkan Peneliti Utama dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jakarta, Jamal Basmal.

Bacaan Lainnya

Basmal mengungkapkan saat memberikan pelatihan pengolahan albumin ikan gabus di Desa Binawara, Kecamatan Kusan Hulu yang digelar 28 dan 29 Oktober 2021, kemarin.

  • Albumin yang sudah diolah dari bahan baku ikan gabus (Haruan).

“Tanah Bumbu sangat berpotensi untuk produksi albumin. Sebaiknya produksi albumin di Tanbu diformulasi dengan bahan lain seperti bahan herbal sehingga albumin yang diproduksi di Tanbu berbeda dari daerah lain,” sebut Jamal.

Dia mengagumi potensi yang ada di Bumi Bersujud ini. Pelatihan sendiri merupakan inisiasi Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

Mengetahui potensi itu, Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati menggandeng masyarakat untuk memanfaatkannya.

  • Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati tunjukkan produksi albumin yang sudah dikemas.

Diakuinya, potensi di daerah ini cukup tinggi. Sebab itulah, Dinas Perikanan menggelar pelatihan bagi masyarakat untuk mengolah bahan dari ikan gabus (Haruan).

“Tujuan pelatihan yaitu memberikan keterampilan kepada masyarakat agar dapat mengolah ikan lokalnya menjadi produk yang bernilai ekonomis,” kata Yulian, Sabtu (30/10/2021).

  • Masyarakat antusias mengikuti pelatihan proses pengolahan albumin dari ikan gabus

Menurutnya, manfaat albumin ikan gabus untuk kesehatan diantaranya mempercepat penyembuhan luka pasca operasi.

“Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, memperbaiki gangguan gizi buruk dan membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada lansia,” ucapnya.

Bukan itu saja, jelasnya, albumin ini dapat membantu mengobati penyakit jantung dan stroke hingga membantu tingkatkan kecerdasan dan kesehatan anak.

“Hasil pengolahan albumin cair ini, bisa diminum. Bisa dicampur jahe, ginseng atau bawang putih untuk stamina hingga suplemen kesehatan,” lanjutnya.

  • Animo masyarakat mengikuti pelatihan proses pengolahan albumin haruan sangat tinggi.

Selain mengolah albumin ini, masyarakat juga dilatih mengolah kerupuk dan tepung ikan dari sisa daging dan kepala ikan gabus atau haruan itu. ***

Manfaat albumin gabus untuk kesehatan:
1. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi,
2. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh,
3. Memperbaiki gangguan gizi buruk,
4. Membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada lansia,
5. Membantu mengobati penyakit jantung dan stroke,
6. Membantu tingkatkan kecerdasan dan kesehatan anak.

Sumber : Dinas Perikanan Tanah Bumbu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *