Gunung Emas, Kalteng Belajar Pengelolaan Arsip ke Kalsel

Banjarbaru, lenterabanua.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Gunung Emas, Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja ke Depo Arsip Dispersip Kalimantan Selatan guna menggali pengetahuan terkait tata kelola arsip, Kamis (7/10/2021).

Kunjungan itu arahan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Karena Dispersip Kalsel mendapatkan penghargaan Kearsipan Nasional kategori BB (sangat baik), dalam peringkat nilai hasil pengawasan kearsipan instansi pemerintah tingkat daerah tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Di sini memang sangat bagus, itu memang salah satu alasan kami untuk ke sini, dan informasi tersebut diberikan oleh bapak ibu di Arsip Nasional RI,” kata Kepala Dispersip Kabupaten Gunung Emas, Edwin, melalui siaran pers.

  • Dispersip Gunung Mas, belajar pengelolaan arsip ke Dispersip Kalsel.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan Dispersip Gunung Emas, Marini menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi, diantaranya keterbatasan SDM, termasuk minimnya perhatian dari pemda setempat.

Bahkan 2007, lanjut Marini, Dispersip Gunung Emas mendapat predikat buruk, namun secara bertahap mampu mendapat peringkat 3 (memuaskan) untuk tingkat Provinsi Kalteng.

“Kearsipan masih dipandang sebelah mata dan SDM kearsipannya sangat kurang bahkan belum ada, makanya kita berupaya selalu belajar dan melihat secara langsung bagaimana pengelolaan arsip di daerah lain,” ucap Marini. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *