Fawahisah Mahabatan Ketua Lembaga Ade Ogi Pagatan

Kusan Hilir, lenterabanua.com – Anggota DPRD kabupaten Tanah Bumbu, Fawahisah Mahabatan secara mengejutkan terpilih menjadi Ketua Lembaga Ade Ogi Pagatan. Yakni sebuah lembaga warga nelayan di pesisi pantai Pagatan, kecamatan Kusan Hilir.

Ia terpilih sebagai pimpinan organisasi dibentuk sejak tahun 2005, atas inisiasi tokoh masyarakat setempat, H. Hamsuri, SH yang juga anggota DPRD Kalsel 2 periode. Tujuan wadah ini sebagai sarana membina dan mengayomi nelayan Pagatan.

Bacaan Lainnya

Pembentukan kepengurusan yang baru Lembaga Ade Ogi Pagatan ini, dipusatkan dikediaman tokoh masyarakat Desa Wiritasi, tepatnya H. Abdul Rauf. Pemilihan diadakan melalui rapat koordinasi Lembaga ade Ogi Pagatan yang dihadiri 50 tokoh ternama.

Diantaranya H. Abd Rauf, H. Rusdi, H. Pile, H. Kasim, Pua Deka (Sandro Ade Ogi), Pua Burdi, H. Suri, H. Nase, H. Saleh (Ketua Dato Latakko), H. Aini (Mantan Anggota DPRD Tanbu), Syamsir (Camat Kuranji), H. Jamaluddin, H. Aryad alias H. Are, Arianto Sani, Baderudin dan tokoh masyarakat lainnya.

Usai terpilih, H. Fawahisah Mahabatan bertekad akan membawa lembaga Ade Ogi Pagatan ini menjadi organisasi yang disegani. Tak sekedar sebagai pelengkap dalam memeriahkan pesta Adat Mappandre Ri Tasi.

“Namun kedepan bisa menjadi wadah penyambung lidah kepada Pemerintah bagi masyarakat Bugis khususnya di pesisir pantai. Selain itu bisa lebih memperkenalkan Adat dan Kesenian Bugis Pagatan di Tanah Bumbu,” ucapnya.

Mantan aktivis muda ini berharap ada warna baru yang akan hadir, saat pelaksanaan prosesi Mappandre Ri Tasi.

“Sejarah dimana, adat dan tokoh-tokoh Bugis Pagatan serta Sejarah dan pendiri Lembaga Ade Ogi Pagatan agar kedepan bisa dikenal,” sambungnya.

Dilanjutkan Fawa, kegiatan sakral adat nanti bisa diakses anak cucu melalui kehadiran lembaga ini. Sehingga kedepan bisa melahirkan generasi penerus yang dapat melestarikan dan mengembangkan Adat Bugis Pagatan ini.

“Yang tak kalah pentingnya, menyiapkan sekretariat untuk Lembaga Ade Ogi Pagatan sehingga bagi masyarakat dan mahasiswa yang mau mengetahui atau melakukan penelitian tentang Bugis Pagatan bisa langsung datang ke tempat ini,” harapnya.

Prosesi pemilihan Ketua Lembaga Ade Ogi Pagatan sendiri langsung dipimpin pendiri H. Hamsuri SH, yang juga dikenal sebagai Kepala Suku Pagatan. Rapat kemudian dirangkai dengan musyawarah untuk menentukan pengembangan Lembaga. Diantaranya terkait kegiatan perkenalan lembaga, keikutsertaan lembaga dalam Pesta Adat Bugis Mappandre Ri Tasi, dan Museum Pagatan yang baru dibangun.

Penulis Alhakim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *