Dilantik Jokowi, Paman Birin Resmi Jabat Gubernur Kalsel

Jakarta, lenterabanua.com – Sahbirin Noor dan Muhidin, akhirnya resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel definitif, setelah dilantik Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (25/8/2021).

Pelantikan digelar berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 105/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian Penjabat Gubernur Kalsel.

Bacaan Lainnya

Keputusan itu juga Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel. Surat keputusan tersebut dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Sahbirin Noor dan Muhiddin secara resmi mengemban tugas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan setelah diambil sumpah jabatan oleh Kepala Negara.

“Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ucap Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Kemudian disambung dengan kalimat, “dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.”

Presiden RI Joko Widodo foto bersama Sahbirin Noor dan Muhidin didampingi istri usai pelantikan di Istana Negara.

Pelantikan diakhiri ucapan selamat dari Presiden, diikuti para undangan terbatas. Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam keterangannya usai pelantikan, Sahbirin Noor mengungkapkan rasa syukurnya setelah dilantik menjadi Gubernur Kalimantan Selatan.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan segera menjalankan program-program skala prioritas untuk kepentingan rakyat, utamanya dalam menangani pandemi Covid-19.

“Langkah-langkah yang akan kami ambil setelah pelantikan ini tentu saja adalah konsolidasi organisasi, kemudian menjalankan segala program yang sudah ada,” katanya.

Selain itu ia menyebutkan, akan menyinergikan dengan pemerintah pusat, provinsi tentunya dan kabupaten/kota terlebih khusus di dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan semua yang kita rencanakan, semua yang kita persiapkan, ini bisa berjalan dan mendapatkan rida dari Allah SWT,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *