Daerah Terpencil di Tanah Bumbu Butuh Tenaga Pengabdian

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Daerah-daerah terpencil dan terisolir di kabupaten Tanah Bumbu kekurangan tenaga didik atau guru pengajar.

Meski demikian, pemerintah kabupaten tetap melakukan pembinaan, pengawasan serta pelaksanaan proses pendidikan di daerah terpencil. Kemudian sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi prioritas utama.

Bacaan Lainnya

Tapi jika merujuk keberadaan jumlah murid yang ada, juga sangat dibutuhkan guru yang siap mengabdi tempat daerah terpencil.

Menyikapi itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Bumbu, Eka Saprudin mengatakan, program pihaknya hingga ke daerah terpencil. Yakni melakukan pembangunan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan secara bertahap.

“Terkait tenaga didik, berharap warga setempat ada, pertama bertempat tinggal ditempat tersebut, kedua sudah mengetahui situasi dan kondisi masyarakat setempat. Lebih bagusnya kalau di daerah dimaksud ada transmigrasi lokal,” kata Eka, Selasa (10/8/2021).

Ia optimis, warga transmigrasi lokal pasti ada SDM yang siap menjadi tenaga pengabdian. Karena peserta trans lokal perlu penyesuaian di masyarakat.

“Seperti hanya sarjana motivator dulu di desa yang pernah ada, sangat menunjang langkah pembangunan kedepan daerah terpencil,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *