Bina Posyandu, Tim Pokjanal Tanbu Gelar Pelatihan

Batulicin, lenterabanua.com – Dalam rangka pembinaan dan monitoring posyandu menghadapi lomba posyandu tingkat provinsi tahun 2021, Tim Pokjanal memberikan pelatihan. Kegiatan dipusatkan di Posyandu Widuri Desa Ringkit Kecamatan Kuranji, selama 2 (dua) hari, berakhir 1 Maret lalu.

Para remaja dan kader posyandu tersebut dilatih cara mengolah kompos cair dengan tujuan pengolahan sampah organik dari sisa makanan yang diutamakan mengandung karbohidrat dan protein.

Bacaan Lainnya

Selain itu, juga dilatih cara mengolah kompos padat dengan tujuan pengolahan sampah organik yang berasal dari daun-daunan, sisa sayuran mentah, dan lainnya.

Kasi PKPM pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan (PMLK) Dinas PMD Tanbu, Hasanah mengatakan, selain pelatihan pengolahan kompos, pada pembinaan tersebut juga dilakukan evaluasi pemanfaatan sampah.

“Kemudian memandu kader posyandu menginput aplikasi SiPandu, pengelolaan bank sampah, klarifikasi data kependudukan, pembinaan pemanfaatan pekarangan, dan lainnya,” ucapnya.

Adapun Tim Pokjanal Posyandu Tanbu yang melakukan pembinaan dan monitoring posyandu terdiri dari Dinas PMD, DLH, Disdikbud, dan Disdukcapil Tanbu.

Penulis M. Fauzi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *