Banjir Rob Hantui Warga, Namun Dimanfaatkan Bocah Bermain Air

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan dilanda banjir rob, Senin (6/12/2021) malam. Seperti di Banjarmasin, nyaris semua permukiman disekitar bantaran sungai terendam. Tak hanya menenggelamkan ruas jalan, tapi air pasang ini juga merembes masuk ke dalam rumah warga.

Fenomena serupa juga terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu. Misalnya di wilayah Pasar Bawah RT 01 Kelurahan Batulicin Kecamatan Batulicin. Tak ayal ruas jalan dan permukiman warga direndam air.

Bacaan Lainnya

Penuturan warga, banjir rob masuk ke rumah warga di daratan rendah terjadi dua malam terakhir ini. Namun kali ini lebih dalam dari hari yang sebelumnya. Warga memperkirakan rob masih terjadi Selasa (7/12/2021) besok malam.

“Besok malam masih pasang lagi,” ujar warga setempat, H Abdul Rasyid.

Senada diungkapkan Mega Wulandari, warga Gang Dua 7 RT.01, Kelurahan Batulicin, Kecamatan Batulicin.

“Kemarin malam air tidak seperti biasanya sampai masuk kedalam rumah, dan malam ini air lebih dalam lagi. Tidak tahu apakah malam besok tambah dalam lagi atau tidak,” katanya dengan nada khawatir.

Dikatakannya, ada rasa kekhawatiran sebab rob terjadi terakhir sempat masuk dalam rumah dengan ketinggian melebihi tumit orang dewasa.

Namun ada yang paling mencemaskan warga, jika air pasang terjadi hujan deras. “Sampah, dan juga binatang buas seperti ular dan buaya berkeliaran kemarin malam. Ini malam saja ular sampai masuk kedalam rumah,” ucapnya agak risau.

Terpantau di lapangan, rob menggenangi beberapa ruas jalan, dijadikan anak-anak arena bermain. Tidak sedikit mereka, para anak-anak nekat berenang di air merendam di permukiman.

Dari penelusuran beberapa daerah langganan terendam antara lain, Angsana, Pagatan, Kampung Baru, serta Batulicin yang berada didaerah pesisir laut.

Menjelang semakin malam, rob air pasang laut berangsur turun. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *